10 Daya Tarik Android Ini Tidak Dimiliki oleh iPhone yang Harganya Rp 30 Juta

Bimcmedia.com, Teknologi – iPhone 12 baru saja diluncurkan dengan harga Rp 31 Juta jika dijual dengan rupiah. Daya tarik tentang sesuatu itu penting sekali. Daya tarik sebuah smartphone bisa berangkat dari nama besar brand maupun spesifikasi yang dihadirkan lebih tinggi.

Nama besar brand mungkin menang di iPhone karena selain interface juga urusan gengsi yang sulit dipecahkan. Spesifikasi tinggi dan segenap kebebasan maka itu hanya ada di Android.

iPhone menarik di satu sisi, Android kemudian mengalami pembaharuan sehingga menarik di banyak sisi.

Sejauh ini, pembaharuan yang dilakukan terhadap smartphone Android tidak hanya sedikit, jumlah ini semakin banyak seiring inovasi dari perkembangan teknologi itu sendiri.

Lalu, apa yang menarik dari Android yang tidak dimiliki oleh iPhone?

Memori Eksternal

Meskipun Android telah memiliki memori internal sampai 128 GB namun sebagian produsen tetap menyediakan slot memori eksternal. Inilah keunggulan pertama dari Android.

Perkembangan zaman menjawab lebih mudah dan simpel, slot yang dibutuhkan bahkan lebih dipersempit dengan dua fungsi. Fungsi pertama dapat digunakan untuk SimCard berbasis nano dan fungsi kedua untuk MemoriCard.

Nah, Anda cukup memiliki menggunakan dua kartu telepon atau satu saja lalu sisanya memasang memori eksternal.

Dual SIM

Android dikenal sebagai smartphone yang mudah dan nyaman digunakan, terutama urusan kartu telepon. Meskipun Android dengan spesifikasi lebih tinggi namun tetap mendukung Dual Sim.

Kemudahan memasang dua kartu ini berkaitan denga kartu internet yang mudah diganti-ganti. Anda yang selama ini menggunakan smartphone Android dengan dual sim tentu saja paham sekali keunggulan ini.

Aplikasi Pihak Ketiga

Game Pokemon Go belum mendukung beberapa smartphone Android sehingga tidak tersedia di PlayStore, maka pengguna Android dengan mudah mencari di aplikasi pihak ketiga.

Satu sisi memang tidak aman tetapi sebagian pengguna telah melakukan hal ini untuk mendapatkan aplikasi yang belum tersedia di PlayStore.

Namun, untuk Anda yang sering menginstal aplikasi pihak ketiga ada baiknya memasang juga antivirus agar smartphone lebih terjaga.

Rooting

Pengguna Android tentu paham soal rooting. Android sangat mudah untuk dilakukan rooting meskipun kemudian support dari Google telah tidak didapatkan lagi.

Pengguna melakukan rooting karena ingin mengubah tampilan maupun ingin mengupgrade ke sistem operasi terbaru.

Berbeda dengan iPhone yang tergolong sulit dalam jailbreak karena alasan tertentu, terutama lepas tangannya Apple apabila terjadi kerusakan selama proses ini.

Android yang gagal rooting masih bisa diselamatkan dengan beberapa pengaturan sehingga lebih aman daripada iPhone.

Wireless Charging

Charger konvensional memang masih ada namun inovasi yang ada kemudian mengubah charger tersebut menjadi wireless charging.

Isi daya smartphone dengan charger ini memang masih sedikit dan berada di smartphone kelas atas.

Tetapi, iPhone belum memiliki wireless charging maupun fast charging walaupun iPhone dijual lebih mahal dari Android yang telah dibekali dua fitur ini.

Bluetooth

Pengiriman data dari Android ke iPhone tergolong susah karena iPhone tidak lagi mendapatkan support bluetooth.

Android unggul di sini karena masih dengan mudah mengirimkan data ke pengguna lain dengan mengandalkan bluetooth.

Alasan yang terpenting adalah pengiriman melalui bluetooth membuat gambar (foto) dan video terkirim dalam kualitas yang sebenarnya.

Berbeda dengan pengiriman melalui media sosial yang kualitasnya telah diturunkan sehingga gambar menjadi pecah.

Aplikasi Banyak Gratis

PlayStore banyak menyediakan aplikasi gratis dari pengembang. Hal ini berbeda dengan iPhone yang memiliki banyak aplikasi berbayar.

Banyaknya aplikasi gratis di Android menjadikan smartphone jenis ini lebih merakyat dibandingkan iPhone.

Aplikasi-aplikasi yang biasanya terkesan mewah telah dapat dicicipi oleh pengguna Android dengan tanpa perlu bayar.

Dukungan Penuh Google

Google memberikan dukungan kepada pengguna Android dalam banyak hal. Google memberikan keamanan dengan melarang instalasi aplikasi dari pihak ketiga dan hanya menginstal di PlayStore saja.

Dukungan Google lain misalnya hanya dengan satu akun Gmail saja, Anda dapat login ke semua fasilitas Google seperti Android, Youtube, Blog, Email dan lain-lain.

Pembaharuan Sistem Operasi

Google bekerja sama dengan produsen smartphone terus menghadirkan pembaharuan sistem operasi.

Untuk smartphone kelas menengah ke atas, masih bisa mencicipi sistem operasi Android pada satu tingkatan tertentu.

Untuk smartphone kelas atas tentu saja dengan mudah mendapatkan pembaharuan sistem operasi misalnya naik tingkat dari Marshmallow ke Nougat.

Murah Namun Ekslusif

Murah tetapi tidak murahan. Murah namun tetap ekslusif. Begitulah Android. Meskipun sering diadu dengan iPhone namun Android memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh iPhone.

Pada Android yang setengah harga dari iPhone, Anda bahkan bisa mendapatkan kualitas kamera yang sama atau lebih baik dari iPhone. Belum lagi jika berbicara keunggulan lain seperti yang telah disebutkan di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: