153 Siswa Simeulue Lulus SNBT 2024, Mencapai Berbagai PTN di Aceh dan Luar Aceh

Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Simeulue, Al Amin SPd MSi

Bimcmedia.com, Sinabang: Pada pengumuman Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024 untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN), sebanyak 153 siswa SMA dan SMK dari Kabupaten Simeulue berhasil lulus di berbagai PTN di Aceh dan luar Aceh. Prestasi ini menambah deretan keberhasilan siswa Simeulue yang sebelumnya juga banyak lulus melalui jalur SNBP dan seleksi SPAN-PTKIN.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdisdik) Wilayah Simeulue, Al Amin SPd MSi, pada Senin (24/6/2024), saat menerima hasil rekapitulasi dari masing-masing kepala SMA dan SMK mengenai data siswa yang lulus jalur SNBT. "Sebanyak 153 orang siswa lulus di PTN, terbanyak di Universitas Syiah Kuala, selebihnya di Universitas Teuku Umar, Universitas Malikussaleh, dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry," jelas Amin.

Amin juga menyebutkan bahwa beberapa siswa Simeulue berhasil lulus di Universitas Negeri Padang dan Universitas Sumatera Utara. Hal ini merupakan pencapaian yang membanggakan, mengingat Simeulue merupakan daerah kepulauan yang masuk dalam kategori 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). "Walaupun Simeulue berada di daerah kepulauan yang masuk dalam daerah 3T, namun tidak menyurutkan langkah siswa untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi," ujar Amin.

Amin menambahkan bahwa meskipun ekonomi masyarakat di Kepulauan Simeulue belum stabil, semangat orang tua untuk menyekolahkan anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi sangat tinggi. "Selamat kepada putra-putri kami yang lulus di PTN baik di Aceh maupun di luar Aceh yang akan menjadi mahasiswa baru di kampus," ucapnya.

Kacabdisdik juga mengingatkan siswa yang belum lulus melalui jalur SNBP dan SNBT, bahwa masih ada kesempatan melalui jalur Mandiri. "Sekalipun tiga jalur itu belum berhasil lulus di PTN, masih ada PTS untuk melanjutkan studi kalian di perguruan tinggi. Tak ada bedanya kampus negeri dengan swasta, prestasi itu terpulang pada diri pribadi masing-masing," ungkap Amin.

Dengan semangat yang tinggi dan dukungan penuh dari berbagai pihak, diharapkan para siswa Simeulue terus berprestasi dan mampu membawa nama baik daerah mereka di tingkat pendidikan tinggi.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!