3 Unit Mesin Pembangkit Rusak, Listrik di Pulau Simeulue Kerap Padam 

Mesin Pembangkit
Ilustrasi pemadaman listrik. | Ist

Bimcmedia.com, Sinabang ; Warga Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh mengeluhkan layanan Perusahaan Listrik Negara (PLN) daerah setempat, lantaran dalam sepekan terakhir pasokan arus listrik di wilayah kepulauan tersebut kerap terjadi pemadaman.

"Listrik disini sudah hampir seminggu sering terjadi pemadaman, akibatnya aktivitas masyarakat juga terganggu. PLN Simeulue harus lebih berbenah diri demi memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat," Pungkas Egi, warga Kecamatan Teupah Barat.

Sementara itu, Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sinabang, Kabupaten Simeulue Syahrul Zulputra menyebutkan, aliran listrik di daerah itu kerap padam akibat ada tiga unit mesin pembangkit yang mengalami kerusakan.

"Kondisi defisit kelistrikan kepulauan Sinabang dampak dari 3 unit pembangkit kondisi gangguan," Kata Manajer PLN ULP Sinabang Syahrul Zulputra kepada Bimc Media melalui pesan singkatnya, Rabu (01/03/2023).

Syahrul menambahkan, mesin pembangkit yang mengalami kerusakan yakni, mesin Caterpillar dan mesin Stork Werkspoor Diesel (SWD) di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Lasikin, Kecamatan Teupah Tengah serta Material Transmisi Utama (MTU) di PLTD Kampung Aie, Kecamatan Simeulue Tengah.

"2 unit di PLTD Lasikin, mesin Caterpillar dan mesin SWD, masih menunggu spare part pengganti dan upaya perbaikan teknisi dari PLN UID Aceh dan 1 unit di PLTD Kampung Aie, mesin MTU namun sudah ditangani oleh teknisi dan sudah beroperasi kembali," Tegasnya.

Terakhir Manajer PLN ULP Sinabang menyampaikan, pihaknya akan responsif melakukan perbaikan, sehingga pasokan arus listrik di Kabupaten Simeulue dapat beroperasi secara normal kembali, sebelum bulan ramadhan mendatang.

"Untuk tindak lanjut, mesin yang terganggu menunggu sparepart penggantinya. Berbeda dengan tumbang tiang, 1-2 hari bisa normal. Insya Allah sebelum puasa, jika tidak ada rintangan dan hambatan semua mesin sudah beroperasi keseluruhannya," Tutup Syahrul Zulputra.

****

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!