5 Kebiasaan Pengguna HP yang Tidak Boleh Ditiru

bimcmedia.com, Teknologi - Siapa yang tidak memiliki smartphone? Hampir semua orang telah mengunakan smartphone dalam rangka mendukung gaya hidup modern.

Lalu, siapa yang tidak sibuk dengan smartphone? Rata-rata pengguna smartphone sangat sibuk dengan ponsel pintar mereka, apakah itu itu sekadar berbalas pesan di media sosial sampai main game sehingga ponsel menjadi panas.

Kebiasaan-kebiasaan pengguna smartphone memang berawal dari saat kamu memiliki kebutuhan ini.

Kebiasaan demi kebiasaan berubah menjadi ‘kewajiban’ yang seakan-akan kamu akan mati jika tidak menggunakan smartphone (membuka smartphone) dalam satu waktu.

Padahal, belum tentu hal ini berlaku untuk semua orang yang memiliki kesibukan tertentu di bidangnya. Dan juga, uang maupun peluang usaha tidak akan lari walaupun kamu tidak membuka smartphone semenit saja.

Semua yang kamu kerjakan itu mempunyai deadline khusus sehingga tidak harus dikerjakan dalam waktu cepat begitu informasi diterima.

Kebiasaan yang telah menjadi ‘kewajiban’ ini sebenarnya tidak boleh ditiru karena akan berakibat fatal kepada pengguna smartphone. 5 kebiasaan ini harus kamu hindari jika ingin selamat dari berbagai resiko.

Main Smartphone sambil Berjalan

Jauh sebelum ada smartphone, kebiasaan ini justru telah menjadi keharusan penting. Seakan-akan hanya dirinya saja yang memiliki ponsel dan sibuk mengurus bisnis melalui pesan singkat.

Namun jika dilihat, tidak selamanya orang-orang yang berjalan ini melakukan hal penting saja bahkan sebagian ada yang cuma main game. Kebiasaan main ponsel sambil berjalan masih berlaku sampai smartphone lahir akhir-akhir ini.

Paket data yang murah dan layanan chatting yang banyak, terdapat grup chat pula, game yang jumlahnya tak sedikit, membuat pemandangan orang bermain smarphone di jalan menjadi sangat lumrah.

Padahal, resiko dari main-main ini sangat besar sekali. Di tengah kota yang padat, kamu bisa saja ditabrak kendaraan karena melintasi lalu lintas.

Hal sepele bisa terjadi seperti menabrak tong sampah sehingga kamu jatuh ke parit. Atau bisa saja kamu salah langkah, dikira jalan tahu-tahu lubang besar di tengah jalan.

Main Smartphone di Kamar Mandi

Kebiasaan ini seakan berlaku pada hampir sebagian besar pengguna smartphone. Entah karena untuk membunuh bosan atau memang telah terbiasa demikian.

Aktivitas membawa smartphone ke kamar mandi telah begitu populer sehingga tidak ada batasan untuk melakukan satu kegiatan khusus. Artinya kamu harus fokus di kamar mandi untuk mandi atau buang air besar.

Hal-hal yang unik dan membuat petaka bisa saja terjadi seperti terpeleset lalu smartphone jatuh dan pecah, smartphone jatuh ke dalam bak, smartphone terkena air dan lain-lain yang membuat kamu pusing setelah itu.

Terima Telepon di Atas Kendaraan

Terima telepon lebih baik pinggirkan sepeda motor. Namun kebiasaan ini malah terjadi di mana-mana dengan menerima telepon sambil terus mengendarai. Kebiasaan yang membuat petaka di kemudian hari.

Semua pada tahu bahwa menerima panggilan telepon saat berkendara sangat beresiko kepada kecelakaan lalu lintas. Kendaraan roda empat saja dilarang menggunakan telepon apalagi kendaraan roda dua.

Alasan pertama adalah hilangnya konsentrasi saat berkendara. Alasan lain tentu saja keselamatan si pengguna smartphone itu sendiri.

Tiba-tiba kamu jatuh ke lubang yang membuat kecelakaan kecil setelah itu. Hal lain, kamu bisa ditabrak atau menabrak orang lain karena sibuk bercakap-cakap saat di telepon orang.

Dengar Musik sampai Tertidur

Kebiasaan ini bahkan bisa menyebabkan kematian. Smartphone yang dihidupkan musik sepanjang waktu akan mudah panas.

Belum lagi pengantar di bawah adalah kasur sehingga kadar panas bisa mudah terjadi dan menyebabkan petaka kepada pengguna.

Alasan tidak bisa tidur tentu saja bukan perkara yang patut dibesar-besarkan. Kebiasaan ini harus segera dihindari karena tidak bagus untuk smartphone sendiri dan juga untuk pengguna.

Smartphone yang dihidupkan sepanjang waktu itu terus bekerja, walaupun akan mati jika baterai habis tetapi efek setelah itu jauh lebih besar seperti usia baterai yang cepat berkurang dan pekerjaan jadi lamban karena dipaksa untuk bekerja (hidupkan musik) dalam waktu yang panjang.

Efek kepada pengguna selain bisa menimbulkan kecelakaan akibat panas pada smartphone juga gendang telinga yang selalu disumbat dengan earphone. Hal ini akan menyebabkan pendengaran tidak bagus di waktu-waktu ke depan.

Main Game dalam Waktu Lama

Kebiasaan ini semacam hal yang tidak patut dicontoh karena main game cukup sesekali saja.

Namun sebagian orang malah membeli smartphone untuk bermain game dalam waktu lama.

Hal ini sangat berpengaruh kepada pekerjaan atau aktivitas rutin lain. Maka dari itu, sebaiknya bermain game pada waktu-waktu tertentu saja jangan cuma bermain games di smartphone sampai lupa waktu.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!