Abdya Jadi Tuan Rumah Bakti Sosial Tagana Se Aceh

Laporan ,
Abdya Jadi Tuan Rumah Bakti Sosial Tagana Se - Aceh
Wakil Bupati Abdya saat memasangkan lencana kepada dua anggota Tagana di acara pembukaan Baksos Tagana Se - Aceh, Abdya, Senin (01/08/2022). Foto/Fitra

Bimcmedia.com, Abdya : Taruna Siaga Bencana (Tagana) menggelar upacara pembukaan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Tagana Se - Aceh Tahun 2022 di lapangan Alue Tringgadeng, Kecamatan Lembah Sabil, Aceh Barat Daya (Abdya), yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Abdya selaku Pembina Ucapara, Senin (01/08/2022).

Dalam laporannya, Kabid Penanganan Fakir Miskin Aceh, Mahdani Muchtar, menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat terwujud berkat sinergitas dari berbagai pihak dalam ajang memperkuat tali silaturahmi persaudaraan antar seluruh relawan penanggulangan bencana di Aceh.

"Ini juga menjadi kesempatan ukhuwah Islamiyah antara sesama Tagana, apalagi sudah 2 tahun lebih kita dilanda pandemi, sehingga kami berharap kegiatan ini dapat menjalin silaturrahmi di antara kita semua," ungkapnya.

Selain itu, program baksos ini juga bertujuan sebagai upaya untuk mendukung pengembangan masyarakat terhadap mitigasi bencana. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 1 - 4 Agustus 2022 di Abdya selaku Tuan Rumah, dan dihadiri oleh 125 Tagana mewakili 23 Kabupaten/Kota di Aceh. Beberapa agenda kegiatan ini diantaranya "Saweu Gampong", "Saweu Sekolah", dan penanaman 10.000 pohon.

Wabup Abdya, Muslizar, dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa setiap elemen masyarakat perlu menyadari akan arti pentingnya pemahaman terhadap pencegahan bencana, sehingga perlu ditingkatkan guna mengantisipasi potensi bencana dan dampak pasca bencana di wilayah setempat.

"Kami atas nama pemerintah kabupaten Abdya, mengucapkan selamat datang kepada peserta bakti sosial para Tagana dari masing masing perwakilan kbupaten/kota yang telah berada disini. Kami juga mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan ini, karena tanpa disadari bencana sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga upaya tanggap darurat serta pencegahan harus ditingkatkan," tuturnya.

Harapannya, melalui momen baksos Tagana ini dapat membangun pemahaman dan kepedulian akan pentingnya penanggulangan bencana, dan menjadi semangat bagi semua pihak agar dapat diimplementasikan kelak. Kemudian, setiap lapisan masyarakat diharapkan juga ikut bertanggung jawab dalam menjaga serta memelihara alam, agar senantiasa tidak menimbulkan dampak-dampak negatif yang berujung bencana.

"Besar harapan kami kepada seluruh peserta yang ikut pada kegiatan hari ini agar dapat mengikuti bakti sosial dengan sungguh-sungguh dengan adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kami berharap semua elemen dapat berkontribusi dengan sebaik-baiknya untuk keamanan dan kenyamanan di setiap wilayah kabupaten/kota yang ada di Aceh," tutupnya.

[Fitra]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!