Abdya Masuk Nominasi Verifikasi Proklim Tingkat Nasional

Laporan ,
Pelaksanaan verifikasi online Proklim Desa Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Abdya, Selasa (02/08/2022). Foto/Fitra

Bimcmedia, Abdya : Tim verifikator perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melakukan penilaian virtual terhadap Program Kampung Iklim (Proklim) di Desa Alue Sungai Pinang, Kecamatan Jeumpa, Aceh Barat Daya (Abdya), pada Selasa (02/08/2022).

Kegiatan verifikasi ini dilaksanakan secara luring dan daring melalui aplikasi Zoom Meeting, di Kantor Desa setempat. Kegiatan yang dilakukan secara online ini menjadi agenda penilaian verifikasi Proklim yang melibatkan BPPIKHL wilayah Sumatera, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh, serta Dinas Perumahan dan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim LH) Kabupaten Abdya.

Baca Juga : PJ Bupati Aceh Jaya Tinjau Langsung Lokasi Banjir di Kecamatan Panga

DLHK Aceh, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Konservasi Sumber Daya Alam, M. Daud, menyebutkan bahwa kelompok Proklim Desa Alue Sungai Pinang mewakili Kabupaten Abdya menjadi salah satu dari 14 kampung iklim di 6 Kabupaten/Kota di Aceh, yang ikut masuk dalam nominasi kegiatan verifikasi tingkat nasional.

"Di tahun 2022 kita sudah mengusulkan 40 kampung iklim dan yang masuk ke kriteria verifikasi proklim utama itu ada 14 kampung iklim. Ini sungguh luar biasa untuk Pemerintah Aceh, karena sebelumnya kita hanya ada 4 kampung iklim saja," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa sebelum verifikasi dilakukan, pihak dari DLHK bersama dengan LH Kabupaten telah melakukan kunjungan ke 14 kampung iklim tersebut dalam rangka mengadakan simulasi dan persiapan terkait verifikasi ini.

"Kita memang sangat mengharapkan verifikasi ke 14 kampung iklim itu dapat dilaksanakan secara offline, tetapi memang kita paham juga pelaksanaan ini dilakukan di seluruh Indonesia terutama untuk Sumatera, kemudian dari segi waktu dan biaya juga mungkin membutuhkan anggaran yg besar, sehingga verifikasi kampung iklim di luar Kota Banda Aceh dilakakukan secara online," jelasnya.

Dia juga berharap, melalui kegiatan verifikasi ini dapat menjadi masukan dan penyemangat bagi kelompok yang berhadir, sehingga kegiatan - kegiatan yang telah disampaikan ke pihak BPPIKHL nantinya dapat memiliki sistem yang lebih baik dan bisa terus bergerak. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dalam segi perubahan iklim.

"Selamat mengikuti verifiaksi, kami dari Provinsi pastinya akan terus mendukung, sehingga desa Alue Sungai Pinang bisa menjadi salah satu kampung iklim yang terverifikasi tahun ini," tutupnya.

[Fitra]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!