Ahmad Muzani & Mendagri, Bahas Kemungkinan Pengibaran Bintang Bulan. Ada apa?

Ilustrasi Bendera Bintang Bulang Foto : kluet.blogsport
Ilustrasi Pengibaran Bendera Bintang Bulang | Sumber Foto : Kluetblogsport

Bimcmedia.com, Nasional : Pertemuan Ahmad Muzani selaku Wakil ketua MPR dengan Menteri Dalam Negeri ( Mendagri)  Tito Karnavian Membahas tentang pengibaran bendera bintang bulan di Aceh.

Dalam perjumpaan Ahmad Muzani beberapa hari sebelumnya dengan Mendagri. Ia membicarakan soal kemungkinan bendera bintang bulan berkibar dengan bersamaan di bawah bendera merah putih.

Setelah berkunjung ke aceh akhir tahu lalu. perkara tersebut menjadi tanggung jawabnya usai tokoh tokoh aceh meminta dirinya untuk menyampaikan hal tersebut ke pemerintah pusat. Jelasnya di Komplek Parlemen Senayan, Rabu (13/4).

"Dimungkinkannya bendera Aceh yang bisa dikibarkan bersamaan di bawah bendera merah putih, itulah hal-hal yang ditandatangani di Perjanjian Helsinki," ujar Muzani pada semua wartawan media sebagaimana di kutip pada CNN indonesia Kamis (14/04/2022) Malam

Di jelaskan nya bahwa perjanjian helsingki adalah nota kesepahaman antara Pemerintah Indonesia dan (GAM) Gerakan Aceh Merdeka. Yang di tandatangani pada 15 Agustus 2005. Dan Perjanjian ini yang mengakhiri konflik ke dua belah pihak.

Muzani menjelaskan bahwa respon yang di beri Mendagri sejauh ini masih dalam pembahasan dan belum ada keputusan apa apa. Jelasnya

Pada saat itu, Muzani juga menyampaikan perjanjian helsingki terkait jaminan 2 hektar tanah bagi setiap mantan kombatan GAM. Yang berjumlah 3000 kombatan GAM. Namun sangat di sayangkan sudah begitu lama janji itu belum terealisasi. Ia juga mengakui terkait itu sudah ia sampaikan juga kepada Menteri Pertahanan.

"Saya sudah komunikasikan dengan Menteri Pertanahan soal 3000 mantan kombatan GAM, untuk mendapat tanah dua hektar per orang, per mantan kombatan, dan itu Alhamdullillah sudah dalam proses penyelesaian," tuturnya

Di samping itu, Toto Kardavian yang di hubungi terpisah menjelaskan bahwa pertemuan dengan Muzani adalah sebagai penyampaian aspirasi masyarakat terkait pembangunan di aceh

"ini pertemuan dari mengenai aspirasi bagaimana pembangunan aceh, dan bagaimana pasca perdamaian aceh yg intinya kita ingin agar situasi kondusif dan kemudian pembangunan aceh bisa dipercepat," ucap Tito.

Sebagaimana di ketahui bendera bulan bintang juga pernah dipakai sebagai lambang GAM. Bendera Bulan Bintang pun jelas tercantum dalam MoU Helsinki dan di dalam poin 1.1.5 dalam UU Pemerintah Aceh.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!