Air Garam Bisa Membunuh Rayap di Rumah, Begini Caranya

Air Garam
Ilustrasi Pembuatan Air Garam | Sumber Foto : Tempo

BIMCMEDIA.COM, Gaya Hidup : Furnitur kayu yang keropos dan lapuk bisa disebabkan oleh rayap. Jika tidak segera ditangani. Salah satunya dapat dengan larutan air garam kerusakannya bisa semakin parah dan furnitur tersebut mungkin perlu diganti dengan yang baru.

Furnitur kayu memang sangat rentan terhadap serangan dari rayap. Jadi lakukan beberapa tindakan pencegahan untuk melindungi furnitur Anda dari serangan rayap, sehingga tidak perlu selalu ganti furnitur atau perabotan baru.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan veneer kayu dan menempatkan furnitur di tempat dengan sirkulasi udara yang baik.

Dilansir dari  portal informasi online media kompas.com, berikut cara membasmi rayap dengan larutan air garam:

1. Temukan sarang rayap

Seperti diberitakan KOMPAS.com, Rabu (18 Mei 2022), cara pemberantasan rayap nomor satu adalah dengan mencari sarang rayap di seluruh bagian furnitur kayu. Tanda-tanda sarang rayap adalah sisa-sisa bulu binatang, kayu bengkak dan biji-bijian.

2. Siapkan alat dan bahan untuk membasmi rayap

Beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membasmi rayap adalah wadah kecil, botol semprot, garam atau kapur sirih, dan air bersih.

3. Buat air asin

Rayap tidak terlalu menyukai garam, sehingga air garam dikatakan efektif membasmi rayap.

Campur garam dan air bersih dalam mangkuk dan pastikan airnya sangat asin. Campur air dan garam dengan baik dan masukkan ke dalam botol semprot.

4. Semprot sarang rayap dengan air garam

Semprotkan sarang rayap menggunakan larutan garam dalam botol semprot.

5. Penggunaan obat nyamuk

Selain air tersebut, Anda juga bisa menggunakan obat nyamuk untuk membasmi rayap. Gunakan jenis obat nyamuk yang khusus membunuh rayap.

Semprotkan obat nyamuk di lokasi sarang rayap. Anda juga bisa menyemprotkan semua bagian furnitur kayu untuk mencegah serangan rayap.

6. Tambahkan aromaterapi

Ada beberapa jenis aromaterapi yang tidak disukai rayap, antara lain jeruk, lavender, dan kayu putih. Tempatkan aromaterapi di semua sudut furnitur kayu untuk mencegah rayap kembali.

Selain penggunaan minyak aromaterapi, kapur barus juga dapat digunakan untuk membasmi rayap. Kamper berbau harum dan mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi rayap.

***

Komentar

Loading...