Akibat Gangguan Jaringan, Banyak Warga Simeulue Beralih Ke Layanan XL

Tower Telkomsel foto/ist

Bimcmedia.com, Sinabang; Sepekan terakhir jaringan layanan komunikasi yang disediakan pihak PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Kabupaten Simeulue mulai tidak berfungsi, akibatnya banyak dari warga setempat terpaksa beralih ke Oprator XL milik PT. XL Axiata Tbk.

Diketahui sistem komunikasi di Kabupaten Simeulue mengalami gangguan, didugaa akibat kabel _fiber optic_ bawah laut milik PT. Telkom Indonesia, pada titik 23,8 km lepas pantai Bakongan, yakni di Palung Laut antara Bakongan ke Pulau Simeulue mengalami kerusakan beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, akses layanan komunikasi telpon dan internet semakin parah di wilayah kepulauan Simeulue dan sekitarnya.

sementara itu, layanan komunikasi yang milik PT XL Axiata Tbk (XL) di Kabupaten Simeulue berfungsi namun jangkauan dan kapasitas internet terbatas, kendati demikian banyak masyarkat beralih ke oprator tersebut sementara waktu lantaran jaringan telpon dan internet yang disedikan pihak Telokom tidak dapat digunakan.

Salah seorang pengguna layanan Telokom di Kabupaten Simeulue Muhar mengatakan, agar dapat menjalankan aktivitas telekomunikasi sehari-hari dirinya terpakasa beralih ke oprator lain untuk sementara waktu .

"Karena jaringan Telomsel terganggu dan kebetulan jaringan XL berfungsi di sini (Simeulue-Red) jadi saya sementara waktu mengunkan kartu XL, sembari menunggu jaringan (Telokom-Red) kembali normal," Pungkasnya.

Warga Simeulue lainya, Tomi Lahanda juga mengeluhkan kondisi jaringan Telkom yang tidak dapat berfungsi, pasalnya dirinya tidak dapat dapat melakukan aktivitas perkuliahan lantaran akses jaringan internet tidak dapat digunakan.

"Lantaran jaringan internet tidak dapat digunkan, jadi kegiatan online yang berkaitan dengan kampus sulit saya lakukan, kami berharap segera di atasi masalah ini," Jelas Mahasiswa Simeulue.

Informasi yang Bimc Media rangkum dari beberapa surat kabar online, menangapi kendala jaringan di Kabupaten Simeulue pihak Telkom Group melalui Telkom Aceh akan menyediakan layanan backup sementara dengan menggunakan Teknologi Satelit dan Radio IP.

[RMa]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!