Antisipasi Bencana Banjir, Babinsa Posramil 05/PC Bersama Warga Membuat Saluran Air

Bencana Banjir
Babinsa Posramil 05/PC Gotong Royong Bersama dengan Warga | Ist

Bimcmedia.com, Aceh Barat : Antisipasi Bencana Banjir Sebagai upaya untuk mengatasi dan mengendalikan serta menciptakan Desa agar terbebas dari bencana tersebut, Babinsa Posramil 05/PC Kodim 0105/Abar Serma T. Mansur bersama warga masyarakat melaksanakan gotong royong saling bahu membahu untuk membuat saluran air (Parit permanen) di tepi Jalan yang berlokasi di Desa Meunuang Kinco Kecamatan Pante Ceureumen, Minggu (27/11/2022).

Karya Bakti kali ini telah memasuki tahapan pengecoran saluran air atau Parit (Drainase), yang mana sebelumnya telah melewati proses penggalian Tanah. Di lokasi terpantau Babinsa tidak hanya menambah bara api semangat warga, namun Babinsa juga turut ikut membanting tulang agar proses pengerjaannya cepat selesai. Terbukti, saat ini Parit telah terbentuk rapi dan kokoh.

Di sela - sela aktifitasnya, Serma T. Mansur menguraikan bahwa pembuatan Parit ini merupakan salah satu solisi untuk mengantisipasi agar tidak terjadi bencana banjir. Apalagi saat ini wilayah Aceh Barat masih bisa dikatakan musim penghujan, yang mana terkadang volume debet air berdampak melimpah menggenangi bahu Jalan ataupun dataran rendah lainnya.

"Karya Bakti pembuatan Parit ini merupakan salah satu upaya bersama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta bebas dari bencana banjir. Jika selesai 100%, Parit ini nantinya akan sangat berguna agar air tidak lagi menggenang di jalanan namun mengalir menuju muara Sungai. Disamping itu, Parit ini juga sebagai saluran pembuangan air langsung dari Rumah - Rumah warga, karena jalurnya telah Kita koneksikan", terang Babinsa.

Potret pembuatan Parit yang dilakukan oleh Babinsa dan warga binaan ini merupakan bukti kerjasama dan karya nyata antara TNI dengan masyarakat. Sehingga tidak hanya menggerakkan lokomotif pembangunan semata, namun bisa meningkatkan jalinan senasib seperjuangan serta mewujudkan Kemanunggalan TNI bersama Rakyat yang semakin kuat dan erat melekat.

Sementara itu, Samsudin (48) salah satu warga yang ikut dalam Karya Bakti tersebut menyampaikan terima kasih atas kehadiran Babinsa dan sumbangsih tenaganya.

“Otot Kawat Tulang Besi Babinsa tentu sangat membantu serta memberikan manfaat bagi masyarakat. Kerja keras dan kerja ikhlas Babinsa mengisyaratkan membangun Desa tanpa pamrih. Selain itu, aksi Babinsa mengandung pesan moral agar tetap menjaga kebersamaan melalui wadah Gotong Royong dalam kegiatan apapun", pungkasnya. [NAF]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!