APDESI Aceh Barat Safrijal Dorong Percepatan Realisasi Dana Desa Dalam Rakor Provinsi Aceh

Laporan ,
Bimcmedia.com
Bimcmedia.com | Safrijal, Ketua Apdesi Aceh Barat/Ist

Bimcmedia.com, Banda Aceh; Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Aceh Barat mengikuti kegiatan Rapat Kordinasi percepatan dan penyaluran dana desa di Hotel Grand Permata Hati Banda Aceh.

Kegiatan yang di laksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong (DPMG) Provinsi Aceh dilaksanakan mulai 06-08 Desember 2022 dan diikuti oleh seluruh pengurus APDESI se-Aceh, DPMG kab/kota, Badan Pengelola Keuangan dan tenaga pendamping desa.

Apdesi Aceh Barat, Safrijal mengatakan, keikutsertaan rakor sebagai upaya percepatan penyaluran dana desa untuk tahun 2023 dan bahan evaluasi penyaluran dan pemamfaatan dana desa tahun 2022. Untuk tahun 2023 ada regulasi dari pemerintah pusat yang mengatur tentang prioritas dana desa dan menjadi pedoman dalam pelaksanaan program.

Ada 3 prioritas utama yang di atur dalam permendes untuk program 2023 yaitu pemulihan ekonomi yang ada di desa, mendukung program program prioritas nasional seperti ketahanan pangan, pencegahan stunting.

Dana desa juga di prioritaskan untuk penanggulangan bencana alam dan non alam, ungkap safrijal selaku Ketua Apdesi

Sebagaimana di ketahui Organisasi APDESI yang memiliki legalitas hukum sesuai Keputusan Menkumham RI Nomor AHV-0001295.AH.01.08. Tahun 2021 terus membangun hubungan kemitraan dengan berbagai stakeholder dalam upaya meningkatkan peran dan tanggung jawab keuchik dan aparatur desa dalam mewujudkan tata kelola administrasi dan pemerintahan ke arah yang lebih baik.

diharapkan tidak ada lagi kendala kendala administratif, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan dan realisasi dana desa. Semua desa harus di kelola secara profesional dan mampu menyelesaikan persoalan yang ada di desa.

Ketua Apdesi Aceh Barat itu juga menjelaskan, jumlah dana desa untuk Provinsi Aceh menduduki posisi ke 9 dari 33 provinsi di Indonesia. Tentunya patut di syukuri dan menjadi hal yang menggembirakan bagi masyarakat Aceh.

Untuk itu di butuhkan keseriusan dan tanggung jawab seluruh aparatur gampong dan pemangku kepentingan agar dapat di kelola dan mamfaatkan dengan maksimal dan tepat sasaran. Tambahnya

Kita jangan terbuai dengan jumlah dana desa tanpa memperhatikan regulasi dan tata cara pemamfaatan dan pertanggung jawabnya, , himbau Ketua Apdesi Aceh Barat, Safrijal

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!