Awan Tsunami Terjadi Pagi, Meulaboh dan Aceh Barat Jadi Isu Hangat Internet

BIMCMEDIA.COM, Meulaboh – Awan Tsunami Aceh Barat terjadi begitu saja pada pagi Senin (10/08/2020). Fenomena alam yang sangat langka ini sempat menimbulkan kekhawatiran warga Aceh Barat, Kota Meulaboh dan sebagian Nagan Raya.

Warga Aceh Barat sempat mengabadikan gumpalan awan yang cukup rendah tersebut. Foto dan video yang beredar sempat meresahkan warga, dan tidak sedikit pula yang mengagumi fenomena alam tersebut. Seketika, warganet menjadikan momentum ini untuk berbagi ke berbagai media sosial. Serentak pula media sosial seperti Instagram maupun Twitter membicarakan fenomena ini.

bimcmedia.com/ Awan Berbentuk Gelombang Tsunami

Di lini masa Twitter sendiri, Meulaboh dan Aceh Barat masih trending topic atau masih hangat dibicarakan saat berita ini diturunkan pada pukul 15.15 WIB. Kicauan warganet beragam dan datang dari berbagai kalangan.

Akun Twitter @cekmint_sabang mengomentari, “Mana da awan tsunami.. tu Awan shelf clouds Awan. Shelf clouds adalah kumpulan awan yang posisinya cukup rendah dan terjadi sebelum hujan bada awan,”

Akun lain, @tour_indah menulis, “Subhanallah…. Allahuakbar…. Terjadi lagi fenomena alam di Aceh kawasan Meulaboh. Awan berbentuk ombak yg sedang bergulung di langit. Semoga tidak bertanda buruk, Amin…

Sementara Kepala Seksi Data Informasi BMKG Bandara SIM Blangbintang, Aceh Besar, Zakaria Ahmad, menyebut “Ini fenomena jarang terjadi, kami masih mengkajinya. Hasil kajiannya nanti kami rilis ke media,” demikian rilisnya untuk bimcmedia.com.

Apakah benar awan yang indah di Aceh Barat dan membuat nama Meulaboh dan Aceh Barat menjadi hangat di lini masa hanyalah kebetulan semata? Redaksi bimcmedia.com mencoba mencari informasi lebih lanjut mengenai fenomena yang sedang terjadi ini. Dikutip dari berbagai sumber, Awan arcus tak lain sebuah formasi awan horizontal dalam posisi rendah. Awan ini akan muncul sebagai awan aksesoris dari sebuah cumulonimbus. Awan gulung dan awan landas adalah dua jenis awan arcus.

Senada dengan pendapat Kepala Bidang Diseminasi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG, Hary Djatmiko, dikutip dari laman tempo.co (10/08/2020), awan yang terlihat di Meulaboh pagi tadi sering disebut sebagai awan roll atau roll cloud. Roll cloud adalah salah satu jenis awan arcus (Arcus Clouds) atau awan rendah, panjang dan tipis yang terkait dengan awan hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang. Ia menyebut, berdasarkan foto dan video yang beredar, jenis awan yang terjadi di Aceh Barat adalah roll clouds dengan mempertimbangkan kondisi di Meulaboh dan sekitarnya saat ini.

Fenomena alam memang bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Aceh Barat dengan curah hujan rutin, berdekatan dengan lautan dan penebangan pohon di beberapa tempat. Fenomena alam seperti ini mudah saja terjadi.

(REDAKSI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: