Breaking News

Banjir Menggenangi Sejumlah Gampong Di Aceh Barat, Ini Daftarnya

Banjir Menggenangi Sejumlah Gampong
Bimcmedia.com | Masyarakat melewati banjir di Gampong Pasi Mesjid. Selasa (06/07/2021) | Foto : Nouval Farabi

Bimcmedia.com, Meulaboh : sejak turunnya hujan lebat mulai dari Senin sore sampai Selasa pagi (05 -06/07/2021) menyebabkan  terjadinya banjir hingga menggenangi sejumlah gampong yang berada pada Kabupaten Aceh Barat.

Menurut keterangan salah seorang warga di Gampong Pasi Mesjid Kecamatan Meureubo, Ichsan Deri kepada bimcmedia.com Selasa (06/07/2021) mengatakan, menyampaikan bahwa, hujan lebat yang terjadi dari Senin Sore tidak berhenti sampai Selasa, pada malamnya belum menunjukkan adanya luapan air sungai, namun pada pagi hari air sudah menggenang rumah dan Ruas jalan digampong tersebut.

“Hujan terjadi dari Senin sampai Selasa pagi, dimalam tersebut jalanan masih seperti biasa tidak ada menunjukkan tanda-tanda luapan air yang memasuki lorong-lorong rumah warga. Namun, Pada Pagi harinya air sudah mulai naik ke bahu jalan dan menggenangi rumah warga dengan ketinggiaan selutut orang dewasa di Gampong Pasi Mesjid Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat” Tuturnya.

Semetara itu, Pusat Kendali Operasi (PUSDALOPS) BPBD Aceh Barat merilis Laporan terkini pertanggal 6 Juli 2021 waktu 19:00 WIB. Terkait banjir menggenangi sejumlah gampong, berikut sejumlah daftar gampong yang tergenang banjir akibat luapan air Sungai Krung Meureubo, Woyla, dan Woyla Timur di Kabupaten Aceh Barat di antaranya :

  • Di Kecamatan Woyla Timur Gampong Blang Luah, Alue Leuhop dan Krungbe.
  • Kecamatan Woyla Barat, Gampong Lhok Male, Napai, Alu Leuhop, Cot Ie Mameh, Pasi Male, Cot Rambong, Blang Luah, dan Plekung.
  • Kecamatan Mereubo, Gampong Pasi Aceh Tunong dan juga Pasi Mesjid
  • Kecamatan Johan Pahlawan, Gampong Leuhan, Gampa Dusun 1
  • Kecamatan Kaway XVI, Gampong Tumpok Ladang
  • Kecamatan Arongan, Gampong Tepin perahu

Upaya yang dilakukan saat ini oleh pihak BPBD Aceh Barat melakukan pemantauan dan juga pembersihan parit aliran sungai agar air yang meluap ke ruas jalan dan menggenangi rumah warga menjadi surut.

Berdasarkan Laporan dari BPBD Aceh Barat Saat ini Belum mendapatkan informasi adanya korban jiwa dan kerusakan akibat banjir yang terjadi semalaman.

Pantauan bimcmedia.com dilapangan menunjukkan bahwa luapan air sungai terus meningkat sejak pagi hari tadi sampai saat ini, kemungkinan besar masyarakat di sejumlah desa akan mencari tempat pengungsian.

___

Noval, CW 13

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!