Breaking News

Baterai HP Bisa Meledak Jika Dipakai untuk Ini dalam Waktu Lama

Laporan ,

bimcmedia.com,  Teknologi - Kualitas baterai sudah bagus namun dari segi pemakaian yang tidak mendukung bisa membuat baterai menjadi rusak.

Smartphone high end malah telah membenamkan fitur-fitur teranyar dalam rangka penghematan baterai sampai isi daya dengan cepat. Produsen sadar betul bahwa kebutuhan pengguna begitu banyak sehingga membenamkan fitur-fitur ini.

Pengguna saja yang – sebagian – tidak sabar bahwa baterai itu mestinya dijaga dengan baik. Kondisi di mana baterai cepat rusak (drop) bisa lebih berbahaya apabila penggunaannya tidak maksimal.

Jika sudah sampai pada taraf ini, baterai bisa terbakar bahkan sampai meledak.

Baterai bisa meledak jika penggunaannya tidak diberengi oleh syarat dan ketentuan penggunaan smartphone. Sebenarnya, tanpa disadari, pengguna harus membaca “syarat dan ketentuan” secara tidak tertulis ini.

Paham betul tempat yang layak untuk menjaga kestabilan baterai. Pemakaian yang overtime membuat baterai tidak dapat bernapas dengan baik sehingga sirkulasi udara tidak seimbang.

Pemakaian yang bagaimana sehingga membuat baterai meledak?

Online dalam waktu lama

Bisa disebut 24 jam online (terhubung ke internet saja). Online yang dimaksud bukan saat stand by tetapi memang penggunaan yang berlebihan sampai membuat baterai panas.

Habis daya langsung disambungkan kembali ke aliran listrik. Seakan hanya pemilik smartphone ini saja yang tersibuk di dunia.

Aktivitas yang dilakukan pada smartphone sebenarnya sama dengan orang lain namun – mungkin saja – ia terlalu asyik menjawab pertanyaan dan memberi pernyataan di grup yang banyak pada aplikasi chat.

Lalu bisa juga alasan chatting dengan si A dan si B sampai si Z tentang gosip-gosip heboh. Kemudian bisa juga karena media sosial yang sayang sekali ditinggalkan, dan alasan lain.

Smartphone dibawa tidur

Tidur dengan earphone terpasang sangat tidak dianjurkan karena sangat berpengaruh kepada baterai smartphone. Sebagian orang akan tertidur dengan mendengarkan musik dengan mengabaikan kondisi baterai smartphone.

Smartphone yang dipaksa untuk bekerja baterai secara terus-menerus bisa terkendala pada baterai.

Kondisi baterai bisa naik-turun sehingga tidak ada jaminan kapan ia akan stabil kembali. Begitu pengguna tertidur, baterai menjadi tidak stabil maka perkara yang mudah terjadi adalah terbakar sampai meledak.

Main game tak kenal waktu

Memang banyak sekali game yang ditawarkan oleh pengembang untuk memanjakan pengguna.

Main game telah menjadi keasyikan tersendiri dengan melupakan baterai yang bisa bengkak. Game-game kelas atas yang terinstal pada smartphone sejatinya tidak bisa menjamin kondisi baterai dengan baik.

Saat memainkan game baterai bekerja dengan keras karena game itu sendiri – game berat – membutuhkan tenaga ekstra dibandingkan dengan game “cocok-cocokkan” gambar saja.

Permainan game dalam waktu lama sangat tidak dianjurkan karena baterai bisa meledak. Coba dirasa sendiri saat bermain game dalam waktu lama, terkoneksi dengan jaringan data atau Wi-Fi, bisa dipastikan bodi smartphone cepat memanas.

Pada sebagian smartphone bahkan terdengar kipas bekerja dengan kuat sekali untuk mereda panas yang membutuhkan sirkulasi udara lebih besar.

Solusi apa yang ditawarkan untuk menjaga kestabilan baterai ini?

Semua kembali kepada pengguna dan keselamatan diri pada pengguna smartphone itu.

Namun perlu diperhatikan beberapa poin ini agar baterai terjaga, smartphone aman dan nyawa tidak melayang hanya karena barang elektronik yang kolaps.

Pakai smartphone dalam kondisi stabil

Jika sudah melampaui batas pemakaian, ditandai dengan terasa panas maka sebaiknya Anda menjauhkan tangan dari ponsel pintar ini.

Tak sampai 30 menit baterai akan stabil ditandai dengan bodi yang sudah dingin, pada saat ini Anda dapat menggunakan smartphone itu kembali.
Online sekadarnya bukan gila-gilaan sampai 24 jam. Tidak hanya tubuh yang butuh kesehatan tetapi smartphone juga demikian.

Berhenti main game jika Anda merasa smartphone tidak bekerja lagi dengan baik.

Apakah itu tersendat-sendat saat pemakaian atau bodi smartphone yang sudah panas membara.

Anda juga dapat membuat waktu (timing) saat bermain game, sebut saja 1 jam atau 2 jam.

Jangan mendengar musik sampai dibawa tidur. Kebiasaan buruk ini harus diganti. Dengar musik ya dengar musik saja. Tidur ya istirahat.

Sekali lagi, hanya kita yang berhak menjaga baterai smartphone agar tetap stabil. Jika over pemakaian kita sendiri yang akan rugi. Anda pilih yang mana?

Komentar

Loading...