Begini Cara Mencairkan Dana Kartu Prakerja Rp150.000

bimcmedia.com, Jakarta: Keseluruhan Penerima Kartu Prakerja akan diberikan dana insentif Rp2,4 juta selama 4 bulan dan Rp150 ribu. Lantas, bagaimana mendapatkannya?

Ilustrasi Gambar – Ikuti survey Kartu Prakerja

Sebelumnya calon peserta juga harus melaksanakan berbagai seleksi dan kewajiban jika ingin cepat mencairkan dana insentif. Selain harus membeli dan mengikuti pelatihan di tempat yang sudah kerjasama dengan prakerja, penerima Kartu Prakerja juga harus mengikuti Survei evaluasi Kartu Prakerja yang dibuat oleh Managemen Prakerja.

Insentif prakerja sendiri dibagi menjadi 2 tahapan, yakni insentif pelatihan dan insentif survei kebekerjaan yang dilakukan sebanyak 3 kali.

Insentif Pelatihan sebesar Rp600.000, Insentif ini diberikan per bulan selama 4 bulan berturut turut.

Selanjutnya insentif Survei , besarannya untuk anggaran tahun 2020, adalah Rp50.000 per survey (akan ada 3 survei).

Insentif Pelatihan diberikan jika, pertama, peserta Kartu Prakerja telah menyelesaikan pelatihan yang ditandai dengan adanya sertifikat. Dalam hal penerima Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, Insentif Pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama. Tidak ada insentif untuk pelatihan kedua dan seterusnya.

Kedua, peserta telah memberikan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan tempat dimana pelatihan itu dibeli Ketiga, peserta telah memberikan penilaian kepada Lembaga Pelatihan dimana tempat pelatihan itu dilakukan

Keempat, peserta telah berhasil menyambungkan nomor rekening bank yang sesuai atau e-wallet di akun situs www.prakerja.go.id

Nomor rekening bank atau e-wallet yang didaftarkan telah tervalidasi (menggunakan NIK yang sama dengan NIK terdaftar di Kartu Prakerja dan sudah KYC atau akun e-money sudah premium/upgrade) oleh bank/perusahaan e-money terkait,masing masing bisa mengikuti arahan pada saat aktivasi.

Penyaluran insentif akan dilakukan maksimum 7 Hari Kerja setelah semua persyaratan di atas terpenuhi. Apa bila belum juga realisasi bisa hubungi Cs prakerja melalui dasboard di akun prakerja anda.


Sementara itu, insentif survei akan diterima peserta jika penerima Kartu Prakerja telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas Program Kartu Prakerja. Silahkab ikut survey dan jawab dengan jujur.

Berikut rangkuman tata cara mengisi survei Kartu Prakerja untuk mencairkan insentif survei:

1. Masuk ke dashboard prakerja.go.id dengan memasukkan email dan kata sandi

2. Setelah masuk, jika waktunya sudah 30 hari atau sudah ditentukan oleh pihak Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, maka secara otomatis survei tersebut akan muncul di laman awal dashboard peserta

3. Isi setiap pertanyaan yang ada dalam survei tersebut hingga selesai

4. Jawab pertanyaan pada survei tersebut secara jujur

5. Jika sudah selesai mengisi survei, klik bagian ‘insentif’ untuk mengetahui bahwa dana sebesar Rp 50 ribu akan segera diproses dengan tanggal yang sudah ditentukan oleh pihak Manajemen Pelaksana

6. Tunggu pencairan insentif sesuai dengan jadwal yang tertera

Sama dengan insentif bulanan, insentif survei juga akan ditransfer melalui rekening bank atau e-wallet yang sudah didaftarkan pada dashboard. Terdapat batas waktu untuk melakukan pengisian survei yaitu 30 hari setelah adanya pemberitahuan di akun dashboard peserta,berdasarkan hasil kutipan di Ayobandung.com (17/10/20)

(Azhari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: