Breaking News

Benarkah Olahraga Sebelum Tidur Sebabkan Insomnia ? Ini Alasannya

Ilustrasi Olahraga Sebelum Tidur/bimcmedia.com/Foto : Cantik Tempo.co

bimcmedia.com, Meulaboh : Olahraga adalah cara yang paling bagus dan sangat penting untuk menjaga kesehatan. Namun, sebagian orang tidak mempunyai waktu yang cukup untuk berolahraga karena mempunyai kesibukannya tersendiri.

Salah satu waktu yang tersedia adalah ketika pada saat ingin tidur. Akan tetapi, ada beberapa pendapat yang beredar bahwa olahraga sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia atau tidak bisa tidur. Benarkah itu ?

Benarkah jika olahraga dapat menyebabkan insomnia. ? Dilansir pada laman berita kompas.com, Sabtu, (21/11/2020) menyebutkan bahwa olahraga pada dasarnya dapat meningkatkan suhu tubuh dan memacu dekat jantung. Hal itu bisa menyebabkan susah tidur atau insomnia.

Sehingga, olahraga sebelum tidur memang bisa memengaruhi istirahat di malam hari bagi sebagian orang.

Tapi, beberapa penelitian membuktikan sebaliknya. Olahraga sebelum tidur tidak memengaruhi kualitas istirahat di malam hari.

Bahkan, ada studi menyebut olahraga sebelum tidur yang pas justru bisa membuat tidur semakin nyenyak.

Hal yang perlu diperhatikan, ahli tetap mewanti-wanti tidak semua orang cocok mengerjakan olahraga di malam hari.

Jadi, tetap perhatikan waktu dan jenis olahraga yang tepat sebelum tidur.

Maka jika berolahraga sebelum tidur dapat menyebabkan insomnia atau susah tidur, maka agar tidak terjadi, sebaiknya dapat menggantikan jadwal berolahraga dilain waktu, karena mengingat olahraga adalah sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Tidak semua jenis olahraga dapat dikerjakan sebelum tidur, namun ada beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dikerjakan sebelum tidur.

Dilansir pada berita kompas, menjelaskan bahwa jenis olahraga yang aman dikerjakan jelang istirahat di malam hari adalah aktivitas fisik dengan intensitas ringan sampai sedang.

Aktivitas berolahraga fisik yang ringan sampai sedang dapat membantu kita tidur lebih cepat dan tidur lebih nyenyak.

Contoh aktivitas fisik ringan sampai sedang yang bisa jadi rutinitas olahraga sebelum tidur antara lain adalah sebagai berikut : Yoga, Peregangan, Jalan santai, Berenang santai, Bersepeda santai dan Angkat beban dengan bobot ringan.

Sehingga anda lebih bersemangat dalam berolahraga, Anda juga bisa mengerjakan olah fisik dengan target khusus yang anda inginkan.

Contohnya adalah olahraga sebelum tidur untuk mengecilkan perut buncit atau olahraga sebelum tidur untuk menurunkan berat badan.

Maka dari itu,hindari jenis olahraga berat atau latihan dengan intensitas tinggi di malam hari.

Seperti disinggung di atas, aktivitas olahraga fisik yang berat justru dapat memicu detak jantung lebih cepat sehingga kita nantinya akan susah tidur malam.

Perlu diketahui, olahraga yang perlu dihindari sebelum tidur adalah lari, banyak melompat, bersepeda dengan kecepatan tinggi, renang cepat, atau angkat beban dengan bobot berat.

---
(AN)

Komentar

Loading...