BMKG Ingatkan Warga Barsela Waspada Dampak Potensi Hujan Lebat

BMKG
BMKG Ingatkan Warga Terkait Dampak Potensi Hujan Lebat • Ist

Bimcmedia.com, Meulaboh ; Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga pesisir Barat Selatan Provinsi Aceh agar dalam kondisi waspada dampak dari potensi hujan lebat yang masih berpeluang terjadi dalam sepekan ini.

"Kami pantau ada pola siklonik sebelah barat Pulau Sumatera dan juga di atas Teluk Benggala. Karena ada daerah siklonik inilah terjadi konvergensi di Aceh membentuk awan konvektif," Pungkas Forecaster BMKG

Stasiun Meulaboh-Nagan Raya, Yoga Almaruf , mengatakan dampak dari adanya ganguan cuaca tersebut dapat mengakibatkan sebagian daerah di Aceh diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat.

Kemudian Almaruf menjelaskan, kondisi ini dapat menyebabkan bencana -Hidrometerologi- seperti banjir serta angin kencang.

Sudah berlangsung dua hari terakhir, hujan terus mengguyur sebagian wilayah Aceh, mulai dari pagi dengan intensitas ringan, kemudian berlanjut hingga sore sampai malam hari dengan intensitas lebat.

"Masyarakat wilayah barat selatan Provinsi Aceh saat ini sudah harus dalam status waspasda, sebab tidak menutup kemungkinan banjir luapan suangai sudah mengintai," Jelasnya.

Lebih lanjut, terpantau di seputar jalan protocol seputaran Kota Tauhid Sufi Kabupaten Aceh Barat tergenang air hujan, demikian juga air sungai yang sudah mulai menunjukkan peningkatan debit air dan bewarna keruh.

Selain berdampak pada potensi bencana hidrometerologi seperti banjir, masyarakat pesisir juga diminta agar waspada akan adanya potensi perubahan gelombang laut yang saat ini memuncak. Diperkirakan ketinggian gelombang air laut selama dua hari terakhir bertahan pada posisi 2 sampai 4 meter.

"Ketinggian gelombang selama dua hari terakhir bertahan pada posisi 2-4 meter," Tegasnya lagi.

Dimana ketinggian gelombang ini selain berisiko terhadap nelayan dan kepal laut, masyarakat pesisir juga perlu diingatkan potensi gelombang pasang yang juga dapat berimbas kepada banjir genangan air laut.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!