BMKG Warning Cuaca Buruk, 41 Desa Terendam Banjir di Kabupaten Aceh Barat Daya

Bimcmedia.com, Blangpidie : Wilayah Barat selatan Aceh mulai dilanda banjir hujan deras yang menguyur sejumlah daerah, seperti kawasan Blangpidie dengan mengepung 41 desa.

Keterangan : Banjir di akibatkan oleh tingginya curah hujan di Kabupaten Aceh Barat Daya sejak hari Minggu/ Sumber Gambar : BPBA

“Banjir di akibatkan oleh tingginya curah hujan di Kabupaten Aceh Barat Daya sejak hari Minggu tanggal 30 Agustus 2020 pukul 20.10 WIB s/d hari Senin tanggal 31 Agustus 2020 pukul 23.00 WIB yang mengakibatkan 41 (empat puluh satu) Desa di 9 (Sembilan) Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya terendam banjir” Kata petugas Haslinda Juwita kepada sejumlah media¬† selasa (01/09/2020).

Untuk ketinggian air juga bervariasi dengan tergantung zona dan lokasi wilayah banjir itu sendiri.

“ketinggian air rata-rata 40 cm s/d 70 cm. dan Dampak material dari kejadian ini rusaknya Infrastruktur dalam Kampung/Desa, rusaknya tanaman warga/terbawa arus banjir,” Ucapannya.

Selain itu pedangkalan daerah aliran sungai, rusaknya jaringan beberapa jaringan irigasi, Jebolnya tanggul jalan negara di Gampong Ujung Padang Kecamatan Susoh untuk jumlah korban terdampak dan  jumlah pengungsi akibat banjir ini masih dalam pendataan.

“Tim BPBD Kabupaten Aceh Aceh Barat Daya melakukan pemantauan dan pendataan serta menurunkan alat berat ke lokasi kejadian untuk penggalian saluran sungai yang tersumbat” Tuturnya.

Keterangan : Banjir Sudah Memasuki Rumah Warga di Kabupaten Aceh Barat Daya/ Sumber Gambar : BPBA

Sementara itu BMKG juga Mengeluarkan peringatan dini cuaca Buruk dan gelombang Tinggi, Waspada potensi hujan lebat dan hujan badai terjadi di wilayah Banda Aceh,Bener Meriah,Aceh Tengah, Subulussalam,bireun,Aceh Besar,Pidie Jaya,Aceh Tenggara Aceh Barat Daya,Aceh Jaya,Lhokseumawe,Aceh Barat,Nagan Raya,Aceh Selatan dan sekitarnya. Waspada potensi gelombang laut tinggi di wilayah  Perairan Utara Sabang, Perairan Barat – Selatan Aceh, Selat Malaka Bagian Utara, Samudera Hindia Barat Aceh, dan sekitarnya yang dapat mencapai 3.0  – 4.0 Meter.


(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: