Cacar Monyet Jadi Darurat Global, Segera Lakukan Ini !!!

Cacar Monyet
Ilustrasi Gambar Terkena Cacar Monyet | Sumber Foto : Nawacita

Bimcmedia.com, Nasional : Organisasi Kesehatan Dunia telah menyatakan cacar monyet atau mongkey pox sebagai keadaan darurat global. Meski monkey pox belum masuk ke Indonesia, kita harus waspada.

Karena monkey pox menyebar sangat cepat. Monkey pox diketahui menyebar melalui percikan air liur.

Ya karena, air liur yang tumpah ke mulut, mata, hidung atau luka kulit dapat menulari Anda. Jadi sekarang Anda lebih wajib waspada agar tidak terkena Mongkey Pox, itu tidak masalah.

Namun, jika Anda mengetahui bahwa Anda menderita mongkey pox, jangan panik. Karena kamu bisa mengobati cacar tersebut dengan mandi air panas dan ramuan ini. Sebelum kita mengetahui bagaimana cara mengobatinya simak berikut beberapa gejala yang dapat menyebabkan mongkey pox. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, cacar monyet memiliki beberapa gejala yang harus diwaspadai, termasuk:

- demam
- sakit kepala parah

- Nyeri otot

- Sakit punggung

- badan lumpuh

- Pembengkakan kelenjar getah bening
- Ruam muncul satu sampai tiga hari setelah demam. Ruam biasanya muncul di wajah, telapak tangan dan telapak kaki, mulut, alat kelamin, mata

- memiliki bintik-bintik atau luka berisi cairan bening atau kekuningan. Noda ini akan mengeras dan mengering

Jika Anda melihat gejala Mongkey Pox yang tercantum di atas, segera dapatkan bantuan medis untuk pemeriksaan medis.

Apalagi jika Anda baru saja berhubungan dengan penderita cacar monyet atau pernah mengunjungi daerah yang terjangkit cacar monyet.

Sebelum terkena gejala atau sudah segera lakukan ini, agar dapat dapat sembuh dari penyakit tersebut.

Cara Mengobati Cacar Monyet

Sejauh ini, tidak ada obat untuk cacar monyet. Gejala cacar monyet biasanya hilang dengan sendirinya dalam waktu dua hingga empat minggu tanpa pengobatan.

Namun, terkadang bayi, anak-anak, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, orang dengan kondisi medis kronis, atau orang yang belum pernah divaksinasi cacar berisiko mengalami komplikasi serius akibat terpapar penyakit ini.

Untuk ini, pasien harus dirawat untuk meringankan gejala penyakitnya. Dilansir dari sajiansedap, Senin, 25 Juli 2022, perawatan untuk cacar monyet meliputi:

- minum air sebanyak mungkin selama pemulihan

- Minum antibiotik yang diresepkan oleh dokter Anda untuk mencegah infeksi kulit sekunder

- Minum obat pereda nyeri atau penurun demam untuk meredakan suhu tinggi dan nyeri

- Mandi air hangat dengan campuran oatmeal koloid. Campuran ini dapat membantu meredakan gatal dan ruam

- Jika terkena monkeypox, isolasi diri. Hindari kontak dengan orang lain sampai semua lesi atau lepuh kering

- Tutupi lecet dengan kain kasa atau perban

- Usahakan istirahat yang cukup untuk mengoptimalkan proses pemulihan. Pakai masker selama karantina agar tidak menulari orang-orang di sekitarmu

- Jangan menyentuh atau menyentuh hewan peliharaan selama pemulihan

Jika tidak ada perawatan cacar monyet di atas yang meredakan gejala penyakit, atau jika penyakitnya tampak semakin parah, sebaiknya pasien dibawa ke rumah sakit.

Terutama jika pasien memiliki gejala seperti sesak napas, nyeri dada yang parah, leher kaku, kebingungan, ketidakmampuan untuk berbicara dan bergerak, kehilangan kesadaran, atau kejang.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!