Breaking News

Cegah Banjir Rob, Polres Aceh Barat Tanam Ribuan Pohon Mangrove 

Polres Aceh Barat Pandji Santoso memegang pohon Mangrove foto/ist

Bimcmedia.com, Meulaboh ; Sebagai upaya mencegah terjadinya banjir rob serta abrasi, Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat menanam sebanyak 30 ribu pohon mangrove dikawasan bibir pantai Kabupaten Aceh Barat.

Penanaman mangrove dilakukan secara simbolis di oleh Kapolres Aceh Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Panji Santoso dan dikuti seluruh peserta yang berhadir. Penanaman mangrove itu dilakukan di seputaran bibir pantai Batu Putih, Desa Ujong Kalak, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (23/08/2022).

Adapun penanaman mangrove ini dilakukan guna mencegah terjadinya banjir rob serta abrasi yang selama ini kerab menerjang bibir pantai wilayah Aceh Barat.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Panji Santoso menyebutkan, penanaman mangrove yang dilakukan masih dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 77 serta sebagai salah satu upaya mencegah terjadinya abrasi pantai serta banjir.

"Sebanyak 30 ribu pohon di tanam di sejumlah titik, hal ini sengaja dilakukan dalam rangka hut kemerdekaan ke 77 tahun. Penanaman pohon serentak yang di intruksikan Kapolda aceh berlangsung di seluruh polres sebanyak 77 ribu pohon," Kata AKBP Panji Santoso kepada wartawan usai melakukan penanaman mangrove.

Kata Pandji, untuk Kabupaten Aceh Barat, dari 30 ribu pohon Polres setempat akan menanam disejumlah titik terdiri dari bibir pantai dan sungai.

"Karena daerah kita rawan bencana banjir, baik meluap sungai dan banjir rob, maka di hut ke 77 tahun Indonesia ini kita fokus menanam pohon kembali, sehingga di masa depan nanti tidak ada bencana banjir lagi," Ucapnya.

Panji berharap, aksi penanaman pohon ini bukan hanya menjadi tanggung jawab polisi namun semua elemen memiliki rasa tanggung jawab, karena dampak yang di rasakan akibat bencana bukan hanya melanda satu institusi semata akan tetapi semua.

"Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk sama sama bahu membahu kembali menanam, agar hutan tetap terjaga dan bencana bisa kita atasi," Sebutnya.

Panji juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan momentum semangat kemerdekaan Indonesia, untuk kembali menanam sehingga terwujud nya Aceh yang hijau dan udara yang sehat sehingga terhindar dari bencana.

"Ini adalah momentum kita dengan semangat kemerdekaan, kita kembali hijaukan Aceh dengan pohon, sehingga terciptanya udara yang sehat dan bencana bisa diatasi," Tutupnya.

Pantauan media di lokasi dalam kegiatan tersebut turut di hadiri, Danrem 012/TU, Dandenpom Meulaboh, Ketua Bhayangkari Polres Aceh Barat, Ketua SWI DPD Aceh Barat, Sekretaris PWI Aceh Barat, Panglima Laot dan tokoh masyarakat.

[RMa]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!