Cegah PMK, Pemilik Ternak Diimbau Rutin Disinfeksi Kandang

Bimcmedia.com
Bimcmedia.com | Cegah PMK, Pemilik Ternak Diimbau Rutin Disinfeksi Kandang/Ist

Bimcmedia.com, Banda Aceh; Kabid Humas Polda Aceh terus menghimbau para pemilik hewan ternak untuk rutin melakukan desinfeksi terhadap kandang dan sekelilingnya guna  mencegah penyeberan serta terjangkitnya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Himbauan melakukan desinfeksi tersebut disampaikan langsung Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Banops Aman Nusa II Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Winardy, dalam siaran persnya pada, Sabtu, (30/07/2022).

Adapun Kombes Winardy mengatakan, Satuan Tugas PMK sendiri telah melakukan berbagai upaya dalam mencegah dan menangani Penyakit Mulut dan Kuku termasuk mendistribusikan _eco enzyme_ dan penyekatan mobilisasi angkutan ternak di wilayah perbatasan.

Kemudian Kabid Humas Polda Aceh itu juga menyampaikan, terkait kasus PMK pada 29 Juli 2022, saat ini kembali berkurang yakni pada angka 167 kasus. Dengan demikian, sisa kasus PMK saat berkisar diantara 5.240 kasus.

Masih kata Winardy, untuk pemilik ternak masyarakat  yang telah mengetahui ada ciri-ciri atau hewan ternaknya sendiri terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku agar segera melaporkannya kepada petugas untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Diketahui juga, Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah, telah menginstruksikan jajaran pemimpin SKPA terkait, mulai dari Kepala Dinas Peternakan Aceh Zalsufran, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh Ilyas, hingga para petugas kesehatan hewan dan vaksinator untuk segera memetakan tantangan dan kendala yang mungkin terjadi pada pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Tak hanya itu, pihak petugas turut dinstruksikan agar memasifkan sosialisasi vaksinasi PMK, sebagai upaya konprehensif untuk mengeleminir jangkitan PMK di Aceh

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!