Breaking News

Danrem 012/TU Gandeng Wartawan Aceh Barat Ngopi Kemerdekaan Di Jambo Food Estate.

Ngopi Kemerdekaan bersama Danrem 012/TU Dengan Insan Pers di Wilayah Korem 012/TU" | foto: Banta Sulaiman

Bimcmedia.com, Meulaboh: Meski perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 telah usai beberapa Minggu yang lalu, namun aura kemerdekaan masih terus menggema di Bumi Teuku Umar. Hal ini terlihat dalam acara "Ngopi Kemerdekaan" yang diadakan di Jambo Food Estate Makorem 012/Teuku Umar pada Jum’at (25/8/2023) Karin.

Acara yang dihadiri oleh puluhan wartawan dan anggota Penerangan Korem (Penrem) 012 Teuku Umar ini merupakan inisiatif kolaborasi antara Danrem 012/TU Kolonel Inf Riyanto, S.I.P., dengan insan pers. Acara tersebut dilaksanakan dengan tema "Ngopi Kemerdekaan bersama Danrem 012/TU Dengan Insan Pers di Wilayah Korem 012/TU" untuk memperkuat semangat kemerdekaan serta menjaga ketahanan pangan nasional. Minggu (27/8/2023)

Jambo Food Estate, yang menjadi lokasi acara, adalah simbol ketahanan pangan nasional. Dengan lahan seluas 51 Hektar yang dikembangkan beragam komoditi pertanian, perkebunan, perikanan dan peternakan. Acara ini juga menekankan pentingnya menjaga dan mengembangkan sektor pertanian, perikanan serta peternakan dalam menjaga ketersediaan pangan di dalam negeri.

Dalam sesi ngopi santai, Kolonel Riyanto menjelaskan bagaimana lahan tidur yang sebagian besar gambut dapat diubah menjadi lahan produktif melalui pengelolaan air dengan canal blocking system serta penerapan pertanian terintegrasi dan prinsip zero waste.

Lanjutnya, Terintegrasi mengandung maksud menciptakan ekosistem yang menumbuhkan ekonomi baru, sekaligus tercipta rantai makanan yang produktif, guna menjamin keberlanjutan program food estate, sehingga tidak ada limbah hasil produksi didalamnya yang terbuang menjadi sampah yang dapat menimbulkan pencemaran. Sampah atau limbah produksi didalam food estate semua terolah dan termanfaatkan oleh komoditi lain yang saling membutuhkan (Zero waste).

Danrem 012/TU memiliki komitmen yang kuat untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai ketahanan pangan nasional. Ia berharap acara ini dapat menjadi langkah kecil dalam membangun kedaulatan pangan di tingkat lokal yang tentunya akan membawa dampak positif yang lebih luas.

"Ngopi Kemerdekaan Bersama Wartawan di Lahan Food Estate KOREM 012 Teuku Umar" menjadi simbol kolaborasi dan kebersamaan dalam menjaga ketahanan pangan nasional, serta diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

( Banta Sulaiman)

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!