Diduga Salah Satu Pasien Positif Covid-19 Pijay Berada di Banda Aceh

Bimcmedia.com, Pidie Jaya  : Salah satu Dokter Peskesmas Blang Kuta berinisial ND (29) berdasarkan hasil swab terkonfirmasi Positif Covid-19 dan masih melakukan isolasi mandiri sudah berada di Banda Aceh Bersama pacarnya.

Keterangan : Ilustrasi Gambar Virus Corona/ Gambar : Detik

Informasi tersebut di himpun oleh Bimcmedia.com dari aplikasi Instagram story ND menunjukaan posisi dirinya sedang berada di Banda Aceh berasama pacarnya berinisial AS dan berdasarkan hasil Rapid Tes sebelumnya AS dinyatakan Reaktif masih lakukan isolasi mandiri.

Hal tersebut diakui PLT Kadis Kesehatan dan KB Pidie Jaya Eddy Azwar, SKM, M. Kes kepada Bimcmedia.com, Sabtu 29/08/2020 mengatakan, berdasarkan informasi yang didapat pihaknya dari berbagai sumber, pihaknya langsung melakukan koordinasi terkait dengan keberadaan ND di Banda Aceh.

Menurutnya, dari pengakuan ND via by Phone, ND memberikan alasan atas tujuannya di Banda Aceh akan melakukan Swab mandiri di Laboraturium Fakultas Kedokteran Unsyiah.

“Pengakuan ND kepada saya bahwa akan melakukan Swab mandiri di Banda Aceh tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu dengan kami,” Ujar Eddy di ruang kerja Kadis kesehatan, Meureudu. Secara tegas Eddy menjelaskan, keberadaan ND diluar batas dan aturan protekuler kesehatan sehingga melarikan diri dari Isolasi mandiri yang sudah di ditetapkan oleh tim Gugus Tugas Covid-19 Pijay.

Yang mengakawatirkan lanjut Eddy, ND berada di Banda Aceh bersama Pacarnya AS, dimana AS sudah dinyatakan Reaktif berdasarkan Rapid Tes juga masih dalam isolasi mandiri.

“Yang saya kwatir adalah keberadaan mereka di Banda Aceh dapat membahayakan orang lain berpotensi tertular Covid-19 pada orang lain, saya akan mengambil tindakan tegas untuk swab ulang dan akan isolasi mandiri di gedung Isolasi Covid-19 Pijay,” Jelas Eddy.

Dalam aturannya tambah Eddy, ND tidak diperbolehkan keluar dari isolasi mandiri sebelum dilakukan swab kedua dan dinyatakan negatif Covid-19, pihaknya juga akan mengambil tindakan sama kepada AS pacar ND tersebut.

Dalam aturannya ND selaku tenaga medis harus mengikuti protekuker kesehatan dimana ND juga memahami kondisi tersebut, sebagai bagian dari Dinas Kesehatan Pihaknya tetap akan menindak tegas atas prilaku yang telah dilakukan oleh ND itu.

Sementara saat awak media ini mengkonfirmasi TA P3MD dimana tempat kerja AS yang merupakan pacar ND yang sama – sama berada di Banda Aceh.

Menurut TA P3MD Pijay Al Fadhil mengatakan, AS merupakan staf P3MD pendamping kecamatan Bandar Dua Pijay, Pihaknya sangat menyesal kejadian itu dan kelakuan AS tidak mengikuti Protokuler kesehatan dimana AS dinyatakan Reaktif berdasarkan Rapid Tes sehingga masih lakukan isolasi mandiri.

Pihaknya menunggu surat dari Tim Gugus Tugas Covid-19 Pijay terkait status kesehatan AS baru pihaknya akan bersikap tegas atas prilaku AS yang tidak mengikuti aturan yang berlaku di P3MD dan aturan pemerintah terkait Covid-19.

“Saya sangat menyesalkan atas prilaku anggota kami ini yang dapat membahayakan orang lain dan kami menunggu surat rekomendasi atasi kondisi kesehatan AS lalu kami akan memberikan tindakan tegas berdasarkan aturan yang berlaku di P3MD,” Tegas Fadhil.


Nas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: