Diet Plastik Jadi Aksi Kutip Sampah di Aceh Barat

Bimcmedia.com, Meulaboh : Team Core Word Claen Day (WCD) Aceh Barat menggelar aksi Cleanup dan pilah sampah di desa Peunaga Pasi Kecamatan Mereubo yang di ikuti berbagai kalangan, yang dilaksanakan pada hari Sabtu. (19/09/2020)

Perseta Saat Mengutip Sampah di Selokan Rumah Warga/bimcmedia.com/Ist

Kegitan cleanup yang dibuka langsung oleh Bapak Mulyadi yang merupakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Aceh Barat, dan berjalan dengan aman dan tertip tanpa mengesampingkan protokol kesehatan sesuai dengan yang diterapkan di Aceh Barat dalam masa pandemi ini.


Setelah aksi kutip sampah, Ishalyadi, SKM., M.Kes yang merupakan Leader WCD Aceh Barat didampingi oleh Arfah Husna, SKM., MKM memimpin diskusi antar volunteer terkait kegiatan Cleanup kedepan dan kondisi lingkungan saat ini.

Ishalyadi, S.Km,. M.Kes dalam diskusinya menjelaskan, bahwa diet plastik adalah salah satu cara menjaga keseimbangan lingkungan dan iklim di samping menjaga hutan, penanaman ulang dan berbagai kegiatan peduli lingkungan lainnya.

Di samping melakukan kegiatan diet plastik dan mengutip sampah mulailah mengedukasi khalayak tentang bahayanya sampah plastik terhadap keseimbangan lingkungan.


Sementara itu, Munasir yang merupakan anggota BPK Ormas Oi Aceh Barat yang ikut andil dalam kegiatan Cleanup, kepada bimcmedia.com mengatakan ” bahwa untuk mengurangi sampah plastik kita harus mulai dari kita sendiri untuk melalukan pengelolaan sampah yang benar sehingga dapat menjadi contoh untuk lingkungan sekitar” ucapanya


Selanjutnya ia juga menjelaskan, lakukan hal-hal kecil namun berdampak besar seperti menggunakan sampah yang masih bisa digunakan, mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan melalukan daur ulang atau pengolahan sampah untuk dapat dimanfaatkan kembali

“Para Volunteer mengutip sampah di berbagai lokasi dalam kawasan Desa Peunaga Pasi, baik di pantai maupun di jalan serta di pekarangan rumah penduduk desa sehingga sampah terkumpul lebih dari 400 Kg”. Tutupnya.

(Redaksi/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: