Diguncang Gempa Magnitudo 6,7, Dinding Rumah Sakit Hingga Kantor Walikota Alami Kerusakan.

Laporan ,
bimcmedia.com
Jakarta diguncang gempa Magnitudo 6,7/Suara.com

Bimcmedia.com, Jakarta; Jakarta diguncang gempa berkekuatan 6,7 yang berpusat di Banten, Jumat, (14/01/2022)

Dilansir Cnnindonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan gempa Magnitudo 6,7 itu berpusat di Sumur, Banten. "Mag : 6.7, 14-Januari-22 16:05:41 WIB, Lok:7.01 LS,105.26 BT (52 km Barat Daya SUMUR-BANTEN), Kedalaman:10 Km, tidak berpotensi tsunami," Kutip akun BMKG.

Gempa  juga dirasakan Masyarakat bogor, disuatu acara di bogor masyarakat berhamburan keluar menyelamatkan diri dari lantai atas lewat tangga darurat.

Adapun kerugian yang ditimbulkan dari Gempa tersebut adalah Keretakan dinding RSUD Kalideres, Kantor Walikota Jakarta Timur Kerusakannya terjadi pada toilet dan keramik, ungkap Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Moh Insaf

Namun Insaf mengatakan kerugian dan korban jiwa masih dalam tahap konfirmasi dan pendataan.

Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk Antisipasi saat terjadinya gempa, Berikut Penuturannya,

Antisipasi Gempa

-Saat Terjadi Gempa :

  1. Jika Anda berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.
  2. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.
  3. Jika Anda sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.
  4. Jika Anda tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.
  5. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

-Setelah Terjadi Gempa :

  1. Jika Anda berada di dalam bangunan: keluar dari bangunan tersebut dengan tertib; jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa;periksa apa ada yang terluka, lakukan P3K; telepon atau mintalah pertolongan apabila terjadi luka parah pada Anda atau sekitar Anda.
  2. Periksa lingkungan sekitar Anda: apabila terjadi kebakaran, apabila terjadi kebocoran gas, apabila terjadi hubungan arus pendek listrik. Periksa aliran dan pipa air, periksa apabila ada hal-hal yang membahayakan.
  3. Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa,karena kemungkinan masih terdapat reruntuhan.
  4. Jangan berjalan di daerah sekitar gempa, kemungkinan terjadi bahaya susulan masih ada.
  5. Dengarkan informasi mengenai gempabumi dari radio (apabila diguncang gempa susulan). Jangan mudah terpancing oleh isu atau berita yang tidak jelas sumbernya.
  6. Mengisi angket yang diberikan oleh instansi terkait untuk mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi.
  7. Jangan panik dan jangan lupa selalu berdoa kepada Tuhan demi keamanan dan keselamatan kita semuanya. Kutup Liputan 6

---

[Amd]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!