Breaking News

Dilarang Pasang Anti Gores Tipe Ini Kalau Tidak Ingin Layar HP Cepat Pecah

Laporan ,

Bimcmedia.com, Tekno - Apakah Anda pernah mengalami masalah pada layar smartphone? Smartphone yang belum memiliki (ditanam) Corning Gorilla Glas generasi terbaru – misalnya – kerapkali mengalami masalah pada layar yang mudah tergores.

Mudah saja pengguna smartphone menambahkan anti gores untuk melindungi layar dari goresan. Pilihan anti gores yang tepat telah dipilih oleh beberapa pengguna smartphone namun ada pula yang asal pilih.

Kadang, Anda bisa kesal saat notifikasi tidak muncul, layar smartphone tidak begitu responsif, atau fitur tertentu tidak bisa berjalan maksimal karena sensor telah tertutupi anti gores, misalnya saja sensor kamera depan yang menghilangkan beningnya hasil foto selfie.

Anti gores sangat berpengaruh kepada hal-hal ini sehingga dalam memilih anti gores itu harus memiliki beberapa kriteria khusus. Anti gores yang menyebabkan kegagalan kerja pada smartphone sangat dilarang untuk ditempel pada layar bagus itu.

Anti gores yang tidak baik itu bagaimana?

  1. Anti gores yang bukan pasangannya. Artinya di beberapa kasus anti gores yang dibeli itu tidak dijual dalam bentuk yang serupa dengan smartphone, jenis dan tipenya. Bisa saja ‘kertas’ plastik itu dipotong lalu disesuaikan dengan bentuk smartphone. Kondisi ini memungkinkan layar smartphone akan menjadi kurang responsif saat bekerja.
  2. Anti gores yang menutupi sensor smartphone. Beberapa sensor sensitif terdapat di layar depan smartphone. Sensor ini berupa sensor kamera maupun sensor panggilan telepon. Sensor kamera tertutupi anti gores, maka hasil foto selfie tidak baik (kurang maksimal). Sensor panggilan telepon tertutupi anti gores, saat kita memanggil teman melalui jaringan telepon, layar akan mati tanpa bisa dicancel panggilan tersebut kecuali si teman yang kita panggil mematikan panggilan telepon terlebih dahulu.
  3. Anti gores yang sangat tebal (kasar). Anti gores yang sangat tebal tidak bagus untuk perawatan layar smartphone itu sendiri. Layar smartphone sangat sensitif sehingga apabila ada barang baru yang berbeda begitu mudah rusak. Penggunaan anti gores yang tebal (kasar) akan menyebabkan struktur pada layar akan berubah dan begitu diganti dengan anti gores lain, kemungkinan layar tidak lagi responsif.
  4. Anti gores yang sangat gelap. Anti gores warna gelap sebenarnya harus dihindari karena rata-rata smartphone pada saat ini ‘harus’ dalam kondisi layar lebih gelap untuk penghematan baterai. Pemilihan anti gores warna gelap akan menyebabkan layar smartphone semakin gelap dan akan membuat mata tidak aman.
  5. Anti gores yang mudah koyak. Harga biasanya bersaing dengan kualitas. Jangan sampai karena harga lebih murah maka pilihan anti gores pada rentang harga murah itu. Sebaiknya Anda mempertimbangkan beberapa alternatif lain apabila terdapat banyak pilihan.

Anti gores yang bagus itu bagaimana?

  1. Anti gores yang sesuai dengan smartphone Anda. Tentu saja rata-rata anti gores yang dijual di pasaran telah disesuaikan dengan jenis dan tipe smartphone. Anti gores yang diperuntukkan kepada smartphone tipe A akan berbeda dengan A+ sekalipun, ini belum lagi kita beralih ke tipe B, sudah pasti sangat berbeda. Anti gores yang sesuai ini akan menempatkan lubang pada sensor-sensor yang telah disebutkan tadi (kamera maupun sensor lain seperti panggilan telepon).
  2. Anti gores dengan bahan lebih halus (tipis). Layar smartphone yang sensitif mudah sekali rusak jika kena barang kasar. Anti gores dengan bahan yang tipis dipercaya dapat menjaga layar dengan baik. Jika suatu saat ingin dicopot dan diganti dengan anti gores lain, kemungkinan layar tidak akan (tidak banyak) mengalami kendala.
  3. Anti gores yang lebih terang. Pilihan warna anti gores memang beragam, di antaranya gelap dan terang. Pemilihan anti gores warna yang lebih terang lebih baik untuk mata pengguna. Rata-rata pengguna akan membuat resolusi layar lebih gelap untuk penghematan baterai, anti gores yang terang sedikitnya dapat membantu mencegah layar smartphone tidak menjadi semakin gelap.

Anti gores dapat dikatakan aksesoris yang kecil tetapi sangat besar pengaruhnya terhadap sebuah smartphone. Pemilihan anti gores yang tepat (sesuai) tidak hanya bermanfaat untuk smartphone itu sendiri namun juga kenyamanan pengguna. Sudahkah Anda memilih anti gores yang tepat untuk smartphone ‘mahal’ itu?

Komentar

Loading...