Dokter Spesialis RSUD Cut Nyak Dhien Terkonfirmasi Positif Covid-19, Siswa Kembali Belajar Daring

Bimcmedia.com, Meulaboh – Siswa Kabupaten Aceh Barat, khususnya Kecamatan Johan Pahlawan kembali belajar daring mulai Sabtu, 21 Agustus 2020. Hal ini berlaku setelah mendapat kepastian bahwa dr. HL dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien, positif Covid-19. 

Keterangan: Suasana Rapat Gugus Tugas Covid-19 dengan unsur terkait di Sekretariat Covid-19 Jumat Siang / Foto: Istimewa

Tim Gugus Covid-19 langsung mengadakan rapat atas permintaan manajemen RSUD Cut Nyak Dhien, terkait wacana penutupan beberapa ruang layanan. Petugas Gugus Covid-19 Aceh Barat, Irsadi Aristora, MH., kepada Bimcmedia.com Jumat malam (21/8/2020) membenarkan adanya rapat yang melibatkan sejumlah unsur terkait atas permintaan manajemen rumah sakit. Ruang Laboratorium, Radiologi dan Cuci Darah telah ditutup sementara karena kontak langsung dengan pasien terkonfirmasi.

Irsadi menambahkan yang hadir dalam rapat di antaranya manejemen RSUD Cut Nyak Dhien, Kodim 0105, POLRES Aceh Barat, Sekretariat Daerah, Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bappeda, dan sejumlah media yang ada di Kabupaten Aceh Barat.

“Hasil rapat bersama Gugus Tugas Covid-19 Aceh Barat ada beberapa poin yang disepakati dan harus dilaksanakan, “ tegas Irsadi kepada awak media. 

Poin yang perlu diperhatikan antara lain, layanan rumah sakit untuk Laboratorium, radiologi dan cuci darah ditutup sementara selama 14 hari terhitung tanggal 21 Agustus 2020. Pelayanan Cuci Darah (Hemodialisa) akan tetap dilaksanakan dengan mekanisme petugas menggunakan Alat pelindung Diri (APD) Level 2, mengingat alat dan layanan ini terbatas di wilayah barat selatan Aceh.

Poin selanjutnya adalah pelaksanaan proses belajar Mmengajar tatap muka di sekolah di semua tingkat pendidikan sementara waktu dilaksanakan daring selama 14 hari ke depan. Proses belajar daring ini dikhususkan untuk Kecamatan Johan Pahlawan.

Dalam rapat tersebut juga dihimbau kepada masyarakat yang terkontaminasi atau bersentuhan dengan pasien COVID-19 dapat melaporkan diri kepada Puskesmas terdekat atau Gugus Tugas Covid-19 Aceh Barat.

Ditanya kenapa sekolah kembali diliburkan atau belajar secara daring sementara yang terkena Covid-19 adalah dokter spesialis RSUD Cut Nyak Dhien. Irsadi memberikan penjelasan berdasarkan kesepakatan empat menteri. Bila dalam satu wilayah dikategorikan zona merah, maka wilayah tersebut diberlakukan belajar dalam jaringan. Irsadi juga mewakili Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Barat  menekankan himbauan ini sangat penting sekali menjadi perhatian bersama. 

Penulis: FL / Aminullah / Aris 

Editor: Ubaidillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: