Breaking News

Empat Kesalahan Dilakukan Orang Tua, Akibatkan Anak Stunting

Laporan ,

bimcmedia.com, Meulaboh : Masa pertumbuhan anak yang paling efektif adalah pada usia 5 tahun pertama. Di usia tersebut, orang tua harus aktif memberikan makanan seimbang demi perkembangan si anak. Apabila kekurangan gizi yang dibutuhkan, akibatkan anak stunting hingga dia dewasa.

Ilustrasi - Orangtua memberikan makanan kepada anak/Gambar : Okezone

Untuk mendapatkan anak yang berkembang dengan ideal, maka orang tua harus menghindari beberapa kesalahan.

Seperti dilansir oleh VIVAnews.com, Senin, (12/10/2020), berikut adalah empat hal yang harus dihindari, seperti di ungkapkan oleh Jose Rodolvo V Dimaano Jr, MD, Area Medical Director Abbott Pacific-Asia.

1. Memasak makanan dengan cepat
Akibat dari aktivitas orang tua yang terlalu sibuk dengan kegiatannya, sehingga saat sedang melaksanakan aktivitas masak dengan cepat.

Setiap orang tua berpikir jika anak telah makan berarti sudah sehat. Terlebih bagi orang tua yang memberikan makanan yang cepat saji dan kurang bernutrisi bagi anak.

2. Memberikan makanan yang sama setiap hari.
Anda tidak memberikan makanan yang bergizi bagi anak, akibat memberikan makanan yang sama pada setiap harinya.

3. Memberikan anak makan cemilan diantara jam makan.
Sebenarnya cemilan itu baik bagi seorang anak karena dapat membuat aktif. Namun, saat anda memberikan cemilan diantara jam makan, maka menyebabkan si anak cepat kekenyangan dan tidak dapat mendapatkan gizi dari makan yang diberikan.

4. Tidak memantau perkembangan.
Tidak memantau perkembangan si anak, bahkan masih banyak orang tua tidak memikirkan pertumbuhan si anak. Akibatnya anak yang bertubuh gemuk di pikirnya lucu, padahal itu adalah kesehatan si anak.

---

(AN)

Komentar

Loading...