Gaji 13 PNS Cair, Amankan Kantong yang Sudah Kering

Bimcmedia.com , Nasional : Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau sekarang dikenal dengan Aparatur Sipil Negara (ASN) cukup senang setelah menerima gaji 13 pada Senin, (10/08/2020). Gaji 13 PNS cair menjadi haru-biru bagi PNS yang sudah lama menantikannya – tiap tahun.

Gaji 13
bimcmedia.com / Ilustrasi Gaji/ Sumber : Kompas

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Dwi Wahyu Atmaji, membenarkan bahwa gaji 13 PNS, prajurit TNI, anggota kepolisian, pegawai non negeri sipil, dan penerima pensiunan, akan menerima gaji 13 mulai 10 Agustus 2020. Dikutip dari detik.com (09/08/2020), peraturan pencarian gaji 13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020.

 

Gaji 13 memang kerap menjadi bayangan yang menakutkan dan bikin iri sebagian orang. PNS juga berharap pemerintah terus memberikan tunjangan berupa gaji 13 kepada mereka agar hidup lebih sejahteran dan berbagai alasan lainnya.

 

Pencarian gaji 13 untuk tahun 2020 adalah sebesar Rp 28,5 triliun seperti yang dialokasikan oleh Kementerian Keuangan RI. Anggaran tersebut kemudian dipecah menjadi Rp 14,6 triliun untuk APBN (pegawai yang berada di bawah naungan pusat), dan Rp 13,89 triliun untuk APBD (pegawai di bawah naungan pemerintah daerah).

 

Gaji 13 pada dasarnya hanya berlaku untuk profesi yang disebutkan tadi, sedangkan untuk pejabat neagra seperti presiden dan wakil presiden, menteri, pejabat eselon I dan II maupun pejabat setingkat dengannya tidak diberikan gaji 13 ini. Pejabat tinggi lain seperti Mahkamah Agung mulai dari ketua, wakil ketua, ketua muda dan hakim agung, serta ketua, wakil ketua dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) juga tidak mendapatkan gaji 13.  Pemerintah juga bertindak tegas dengan tidak memberikan gaji 13 kepada PNS, TNI dan Polri yang sedang cuti di luar tanggungan negara.

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: