Gempa Kekuatan 5 SR Guncang Sinabang Dini Hari 

Laporan ,

bimcmedia.com, Banda Aceh : Provinsi Aceh di guncang Gempabumi dengan magnitudo 5.0 dengan pusat berada di kawasan Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Berdasarkan data yang terekam melalui sensor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gempa terjadi pada pukul 00:14 WIB selasa (01/12/2020) dan tidak berpotensi tsunami.

“Pusat titik gempa berada sekitar 66 km baratlaut Sinabang dengan kedalaman 26 km dengan titik koordinat pusat gempa yang terjadi di laut pada koordinat 2.97 LU dan 96.04 BT “ Kata kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika BMKG Aceh Besar Djati Cipto Kuncoro selasa (01/12/2020).

Gempa dengan keuatan tersebut tidak potensi tsunami gempa juda dapat di rasakan di wilayah lain seperti Aceh Barat, Aceh Barat daya, nagan Raya dan Aceh selatan.

Gempa bumi kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di jalur Cincin Api Pasifik.

“Dilihat dari bentuk geografis Aceh termasuk wilayah Indonesia yang rawan gempa, maka mitigasi kebencanaan harus di pahami oleh masyarakat, untuk mengurangi reseiko bencana ” Ucapnya

Sementara itu BMKG mencatat setidaknya terjadi 11.573 kali aktivitas gempa bumi di Indonesia dengan berbagai kekuatan magnitudo dan kedalaman selama 2019.

Komentar

Loading...
error: Minta Ijin Dulu, Jika Ingin Copy