Geuchik Gampong Baro: Ibadah Qurban Sebagai Iktibar Memaknai Keihklasan

bimcmedia.com, Langsa : Ibadah Qurban sebagai Iktibar atau pelajaran dalam memaknai keikhlasan serta saling berbagi untuk sesama dalam merayakan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

bimcmedia.com / Geuchik Gampong Baro, Wahyu Sadly (kiri) bersama warga berjibaku melakukan penyembelihan hewan qurban, Sabtu (01/08/2020)/ Foto : Dhani

Demikian disampaikan Geuchik Gampong Baro, Wahyu Sadly disela penyembelihan hewan qurban, di belakang kantor Geuchik setempat, Gang Bakti, (Sabtu, 01/08/2020).

Dijelaskannya, Ibadah Qurban ini dalam Al-Quran dijelaskan sejarah Nabi Ibrahim yang diperintahkan untuk menyembeli Nabi Ismail (anak yang disayanginya).

Namun, karena keikhlasan dan kecintaan Nabi Ibrahim pada Allah, penyembelihan diganti dengan seekor Kambing.

Hal ini merupakan bentuk pengorbanan dan kesalehan Ayah dan Anak yang sama-sama mencintai Allah, lebih dari segalanya.

“Manusia manapun pasti menyayangi anaknya dan menginginkan anaknya untuk selalu berada di sisinya. Tidak pada Nabi Ibrahim dan Ismail, Allah lah diatas segalanya dibandingkan dengan kebahagiaan apapun di dunia”, terangnya.

Sementara Ketua Panitia Qurban, Alfian Sani, MA mengatakan, penyembelihan hewan qurban di Gampong baru berjumlah 7 ekor sapi dan 5 ekor kambing. Salah satu sapi berasal dari program qurban pemerintah Kota Langsa.

Selanjutnya, daging tersebut di tumpuk menjadi 800 paket yang akan di bagikan kepada masyarakat 5 Dusun dalam wilayah Gampong Baro, yakni Dusun Seni, Dusun Damai, Dusun Sopan, Dusun Amal dan Dusun Mulia.

Sebelumnya, pada Jum’at (31/07/2020) Mesjid Taqwa warga Muhammadiyah Dusun Damai Gampong Baro menyembelih hewan Qurban 12 ekor lembu dan 8 ekor kambi dengan diketuai panitia qurban M. Nasir Harahap.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dan kekompakan warga Gampong Baro dapat melaksanakan Qurban dengan baik. Semoga Allah SWT melimpahkan Rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua”, tutupnya

Dhani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: