Gubernur Serahkan Santunan untuk 13.500 Warga Miskin Aceh

Santunan warga miskin
Gubernur Aceh Serahkan Santunan | Sumber Foto : Baitul Mal Aceh

BIMCMEDIA.COM, Nasional : Gubernur Aceh Nova Iriansyah secara simbolis menyerahkan santunan Ramadhan Baitul Mal Aceh kepada 13.500 warga miskin Aceh di Meuligoe Gubernur Aceh. Pada Kamis (28 April 2022).

Setelah itu, Baitul Mal akan mendistribusikan santunan secara penuh kepada seluruh penerima manfaat di setiap kabupaten/kota.

“Semoga santunan ini bermanfaat, terutama untuk kemeriahan Hari Raya,” kata Nova Iriansyah dalam sambutannya.

Nova berharap kompensasi itu bisa digunakan untuk keperluan produksi. Ia mengingatkan, kompensasi tidak boleh digunakan untuk hal-hal yang tidak perlu.

Berbagi dengan orang tua miskin adalah ajaran Islam, kata Nova. Oleh karena itu, ia mengajak semua pihak untuk bersyukur karena Islam memiliki konsep ajaran menolong sesama.

"Yang lain belum tentu memiliki konsep itu," kata Nova.

Nova mengatakan bahwa setiap Muslim memiliki kewajiban untuk merawat saudara mereka yang tidak beruntung, terutama kerabat mereka. Ia menghimbau kepada semua pihak untuk peduli terhadap kelompok rentan di lingkungan.

"Dalam Islam, semuanya jelas, kita berdosa ketika tetangga kita lapar, dan jika tetangga kita lapar, kita bertanggung jawab," kata Nova.

Nova mengucapkan terima kasih kepada ketua Baitul Mal Aceh, anggota dan seluruh lembaga sekretariat yang tanpa pamrih mengelola zakat dan sedekah untuk masyarakat. Ia juga mengapresiasi pelaksanaan santunan Ramadhan. Ia menilai program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya mengapresiasi peningkatan jumlah pembayar pesangon yang jumlahnya sangat besar. Nominalnya juga terus bertambah dari tahun ke tahun,” kata Nova.

Dalam kesempatan tersebut, Nova mengingatkan bahwa Baitul Mal Aceh benar-benar transparan dan memiliki tanggung jawab yang baik dalam mengelola dana yang dipercayakan Umat. Ia berharap setiap dana tersebut dapat bermanfaat bagi warga miskin di Aceh dan masyarakat rentan.

“Tidak ada yang salah dengan lembaga ini,” kata Nova.

"Setiap rupiah yang Anda terima dari Muzakki adalah nyawa orang lain dan tidak boleh ada penyimpangan. Jika ada penyimpangan segera diperbaiki dan dihindari," kata Nova.

Gubernur berharap muzakki di Aceh terus bertambah setiap tahunnya. Ia meyakini jika masyarakat tetap bersyukur, muzakki akan terus berkembang.

“Setiap Muzaki yang datang ke Baitumal untuk menyalurkan zakat, saya ucapkan terima kasih selaku Kepala Pemprov Aceh,” kata Nova.

Sementara itu, Ketua Badan Baitul Mal Aceh Muhammad Haikal mengatakan sejak 2019, Baitul Mal Aceh telah memberikan santunan Ramadhan kepada kelompok rentan. Setiap tahun, jumlah calon dan penerima santunan terus meningkat.

Haikal juga mengatakan pihaknya menganggarkan Rp 13,5 miliar untuk 13.500 penerima tahun ini. Satu juta rupee akan diberikan kepada masing-masing.

“Kami bekerja sama dengan kabupaten/kota Baitul Mal untuk mendata penerima manfaat yang rentan,” kata Haikal.

Ainul Mardiah, salah satu penerima tunjangan Ramadhan, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diterimanya. Ia mengaku sangat membutuhkan bantuan menjelang Idul Fitri.

“Ada lima anak yatim di keluarga saya, dan sumbangan ini sangat berguna untuk liburan,” kata Ainur.

Nurhayati mengirim pesan yang sama. Penerima santunan Gampong Peuti Banda Aceh akan menggunakan santunan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Sebuah generasi Wanita itu sangat bersyukur dan bersyukur bisa dikompensasikan oleh Baitul Mal.

“Saya akan membeli beras, minyak goreng dan kebutuhan lainnya,” kata Nurhayati.

Acara tersebut juga menghadirkan anggota DPS dan Ketua Sekretariat Baitul Mal Aceh. Hadir pula Kepala Baitul Mal Banda Aceh dan Aceh Besar serta Kepala Kantor Tata Usaha Sekretariat Daerah Aceh, Muhammad Iswanto. []

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!