Hanya Butuh 6 Suara Lagi, Biden Bakal Pimpin Amerika Serikat

Bimcmedia.com, Wancinton DC; Pemilu presiden Amerika Serikat ( Pilpres AS) berlangsung sengit. Penghitungan suara untuk kedua kandidat, Joe Biden dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik, hanya beda tipis.

Saat berita ini ditayangkan pada Kamis (5/11/2020) pagi sekitar pukul 19.45, Joe Biden unggul sementara dari Donald Trump dengan perolehan electoral votes 264 lawan 214.

Donald Trump ataupun Biden harus bisa mengumpulkan 270 suara elektoral agar bisa memenangi Pemilu. Itu artinya, Joe Biden hanya butuh 6 suara elektoral vote lagi agar ditetapkan sebagai pemenang Pilihan presiden Amerika Serikag 2020.

Setiap negara bagian di AS memiliki jumlah suara elektoral yang berbeda beda yaitu berdasarkan jumlah senator dan perwakilannya.Negara bagian Georgia memiliki 16 suara elektoral, sedangkan bagian Florida memiliki porsi 29 elektoral vote.

Nantinya, pemenang di tiap-tiap negara bagian akan mendapatkan semua elektoral vote. jadi, kemenangan pemilu presiden Amerika Serikat bukan berdasarkan jumlah suara terbanyak dari semua penduduk Amerika Serikat, melainkan kemenangan per wilayah berdasarkan akumulasi Elektoral Vote tadi.

Anda juga bisa memantau update langsung terkait hasil akhir pemungutan suara pemilu presiden AS di sejumlah media internasional, seperti Bloomberg dan CNN ataupun bisa juga melalui laman beranda Google.com dengan memasukkan kata kunci seperti “Pemilu Amerika”.

Google pun akan menampilkan tracking di urutan teratas hasil pencarian. Kutip Kompas.com

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!