Hapus Aplikasi Ini Agar RAM Lebih Kencang

Laporan ,

bimcmedia.com, Teknologi - RAM atau Random Access Memory adalah penyimpanan sementara data-data yang sedang dikerjakan sebelum berpindah tangan ke penyimpanan permanen (harddisk).

RAM yang bekerja dengan baik akan memberikan pengalaman yang baik dan responsibilitas tinggi terhadap kinerja smartphone.

RAM yang tersendat-sendat karena beberapa pekerjaan terlalu berlebihan sehingga butuh penyegaran agar dapat bekerja maksimal.

Penyegaran kinerja RAM dapat dilakukan dengan melakukan refresh atau sejenisnya namun tidak selamanya menjamin bahwa kondisi RAM akan kembali stabil dalam waktu lama.

Bagaimana RAM dikatakan segar? Kadang, kita terlalu abai saat bermain smartphone dan melupakan kondisi di mana smartphone dalam keadaan baik.

Cara mengetahui kondisi RAM baik-baik saja adalah:

1.Saat pekerjaan mudah dilakukan. Anda dengan mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

2.Saat permainan game tidak membuat kesal karena sebentar-sebentar berhenti atau tertutup dengan sendirinya.

3.Bodi smartphone tidak panas. RAM yang dipaksa kerja dengan tak henti akan membuat baterai juga melakukan hal yang sama sehingga mengalami panas berlebih.

Lalu, apa yang harus dilakukan jika RAM tidak lagi segar? Tugas utama pengguna smartphone adalah melihat apa yang menghambat pekerjaan.

Jika sudah tahu di mana kekurangan tersebut maka aplikasi ini harus dibuang karena menghambat segarnya RAM. Aplikasi apa saja?

1.Aplikasi chat yang berlebihan. Terkadang, pengguna smartphone mudah saja tergoda iklan atau ajakan teman dengan mudah pula untuk memasang aplikasi chat dari pengembang berbeda.

Padahal, jika dilihat teman di beberapa aplikasi chat itu adalah mereka yang sama. Anda harus memilih satu atau dua saja aplikasi chat yang benar-benar aktif agar RAM lebih segar.

2.Aplikasi media sosial yang sama atau jarang digunakan. Media sosial memang telah menjadi makanan sehari-hari namun pada kondisi RAM yang kecil, media sosial sangat tidak baik dalam mengerjakan tugas.

Media sosial sejatinya memakan RAM dengan banyak sehingga butuh kesegaran yang lebih. Caranya adalah menghapus media sosial yang tidak begitu sering digunakan.

3.Game yang jarang dimainkan. Game yang terinstal namun tidak dimainkan sama saja memakan ruang yang lebih.

Begitu dimainkan maka RAM akan dipaksa untuk bekerja dengannya, padahal di sisi lain RAM harus berbagi dengan aplikasi yang berbeda. Game yang jarang dipakai ini sebaiknya dihapus saja agar RAM lebih segar.

4.Aplikasi pihak ketiga yang nggak begitu penting. Mau mengambil foto selfie tetapi kamera tidak mendukung pemutih (pencerah) wajah maka pengguna mengunduh aplikasi pendukung lain.

Aplikasi pihak ketiga ini bukan saja mengandung iklan tetapi juga memakan memori dan RAM saat bekerja dengan banyak.

Pembagian RAM untuk aplikasi pihak ketiga ini sebenarnya bisa dipakai untuk kebutuhan lain.

Selain menghapus aplikasi pihak ketiga, jika Anda memang penggemar selfie sebaiknya mencari smartphone bertipe selfie yang kini semakin marak di pasaran.

5.Aplikasi anti virus atau refresh aplikasi yang sebenarnya menambah pekerjaan RAM. Sebagai informasi bahwa smartphone akan baik-baik saja jika Anda hanya menginstal aplikasi dari Google Play, tidak menjelajah ke situs berbahaya atau mengunduh dari situs yang tidak dikenal.

Aplikasi sejenis anti virus sudah tidak diperlukan karena smartphone dalam kondisi aman jika tidak dilakukan hal tersebut. Adanya anti virus sebenarnya membagi RAM dengannya karena anti virus secara otomatis bekerja di belakang layar (background).

Selain anti virus, aplikasi cuci-cuci smartphone juga tidak dianjurkan karena pada dasarnya setelah Anda menutup semua aplikasi RAM akan kembali ke posisi semula.

Nah, membuang beberapa aplikasi tidak akan merugikan Anda. Sebaliknya, dengan membuat aplikasi ini membuat smartphone lebih segar dan kencang dalam bekerja.

Saran terakhir, jika Anda memang sangat ingin memasang aplikasi yang banyak maka ada baiknya mencari smartphone dengan RAM lebih besar.

Komentar

Loading...