Breaking News

Harga Batu Bara Acuan Terus Anjlok

Bimcmedia.com, Jakarta: Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menyatakan Harga Batu bara Acuan (HBA) di Bulan September turun dibandingkan bulan sebelumnya. 

Keterangan : Ilustrasi Gambar Tongkang Batu Bara /Sumber Gambar : Facebook Sorotan Aceh

Penetapan HBA tersebut mengalami penurunan tipis sebesar 0,92 dolar AS per ton dari HBA bulan sebelumnya, yakni 50,34 dolar AS per ton, turunya batu bara tersebut di akibatnya oleh pengaruh covid-19.

"Untuk Harga Batu bara Acuan (HBA) di bulan September ditetapkan sebesar 49,42 dolar AS per ton," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Agung menjelaskan,untuk kita Indonesia sentimen utama dari kontraksi HBA disebabkan oleh pengetatan kebijakan impor China dan India, Kondisi ini akan berujung pada cadangan batu bara di kedua negara itu melimpah, sehingga kebutuhan impor batu bara menurun. 

"Covid-19 menyebabkan penurunan impor batu bara oleh China sebesar 20 persen dan belum pulihnya permintaan dari India pasca-lockdown, untuk menjaga stabilitas kesehatan masyarakat nya." jelasnya.

Semenjak pandemi global Covid-19, HBA sempat menguat sebesar 0,28 persen pada angka 67,08 dolar AS per ton pada Maret dibanding bulan Februari 66,89 dolar AS per ton. 

Kemudian, HBA terus mengalami pelemahan ke angka 65,77 dolar AS per ton di bulan April 2020  dan 61,11 dolar AS per ton pada bulan Mei. selanjutnya di bulan Juni di angka 52,98 dolar AS per ton dan pada bulan Juli turun lagi di 52,16 dolar AS per ton.

Sementara itu pemerintah terus memantau perkembangan harga Batubara dunia dan wilayah pasarnya.

---
(Redaksi)

Komentar

Loading...