Harga Cabai Merah Besar di Pasar Meulaboh Bertahan Rp70.000/kg

Tumpukan cabai merah besar di salah satu lapak pedagang di Pasar Meulaboh.

Bimcmedia.com, Aceh Barat: Harga jual cabai merah besar di pasar Meulaboh terus bertahan di angka Rp70.000 per kilogram. Harga tersebut tergolong tinggi, setelah mengalami kenaikan signifikan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Secara umum tembus di level harga Rp70 ribu rupiah dalam satu kilonya," jelas Suryani, seorang pedagang cabai merah besar di jalan Teuku Chik Ali Akbar, Meulaboh, Minggu (23/6/2024).

Lebih lanjut, Suryani menjelaskan bahwa harga cabai merah besar sudah mengalami kenaikan sejak sepekan yang lalu. Sebelumnya, harga cabai merah besar hanya Rp45.000 per kilogram. Namun, menjelang hari raya Iduladha, harga terus merangkak naik menjadi Rp55.000 per kilogram dan kini mencapai Rp70.000 per kilogram.

Kenaikan harga cabai merah besar ini dipicu oleh kurangnya pasokan cabai lokal. Cuaca ekstrem yang melanda Aceh dalam beberapa waktu terakhir mengakibatkan gagal panen bagi banyak petani cabai lokal. Kondisi ini membuat pasokan cabai lokal menurun drastis dan memaksa pedagang untuk mengandalkan cabai dari luar daerah.

"Akhirnya produk cabai Medan merah besar bertahan di harga Rp70 ribu rupiah. Jika produksi cabai Medan berkurang, maka harga cabai pekan ini bisa tembus Rp100 ribu rupiah per kilogram," tegas Surya.

Surya juga menambahkan bahwa kondisi cuaca yang tidak menentu sangat mempengaruhi produksi cabai. Beberapa daerah penghasil cabai di Aceh mengalami gagal panen akibat hujan deras dan banjir. Hal ini menyebabkan pasokan cabai dari daerah tersebut menurun tajam.

Para pedagang di Pasar Meulaboh berharap agar kondisi cuaca segera membaik sehingga produksi cabai lokal dapat kembali normal. Mereka juga berharap agar pemerintah dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah pasokan cabai agar harga dapat stabil kembali.

Kondisi harga cabai yang tinggi ini tentu berdampak pada daya beli masyarakat. Banyak warga yang mengeluhkan kenaikan harga ini karena cabai merah besar merupakan salah satu bumbu utama dalam masakan sehari-hari. Kenaikan harga ini membuat pengeluaran rumah tangga semakin membengkak.

Diharapkan, dengan adanya perhatian dari pemerintah dan perbaikan kondisi cuaca, harga cabai merah besar di Pasar Meulaboh dapat kembali stabil dan terjangkau oleh masyarakat.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!