Harga Emas Aceh Terus Naik dari Waktu ke Waktu dengan Alasan Mahar Kawin?

Bimcmedia.com, Opini – Nilai tukar rupiah mengacu kepada keinginan pasar. Harga satu papan telur juga didikte oleh persediaan di pasar, makin banyak maka makin murah.

Tetapi, harga emas tidak demikian. Dalam keadaan stabil, emas masih menjadi investasi terbaik.

Harga emas hari ini adalah – misalnya – Rp897.000 pergram untuk harga beli, sedangkan harga jual adalah Rp812.625 untuk 1 gram.

Besok, jadi jadi harga emas itu akan turun atau naik. Kita tentu ingat bagaimana badai dolar menerjang rupiah beberapa waktu yang lalu.

Pernah nggak kita berpikir, kenapa cuma nilai tukar rupiah saja yang naik turun, sedangkan emas tak pernah turun lagi?

Itulah uniknya emas. Sekali naik, maka ‘hanya’ akan turun beberapa persen saja itu pun kalau terjadi.

Saya pernah berdiskusi sama seorang penjual emas. Saat beli emas beberapa waktu lalu, saya bertanya, “Kapan harga emas turun lagi?” penjual emas itu menjawab, “Harga emas tak akan pernah turun seperti itu, Anak Muda,” katanya, “Kalau sudah naik, harga emas akan terus naik dan atau memilih bertahan di harga yang sama,”

“Tidak akan pernah turun sedikitpun?” desak saya yang sedikit khawatir karena beberapa kepentingan yang harus menggunakan emas.

“Sedikit itu ada, misalnya turun cuma Rp50.000 atau Rp100.000 itu wajar. Tapi kalau 1 mayam sudah Rp2.300.000, harganya tidak akan turun lagi menjadi dibawah Rp2.000.000,”

Saya mencari pembenaran atas perkataan penjual emas tadi. Ternyata benar, saya pernah membeli emas awal tahun 2019 dengan harga ‘cuma’ Rp2.060.000 untuk 1 mayam.

Dan, harga emas hari ini dengan akumulasi pergram tadi bisa mencapai Rp2.700.000 sampai Rp2.900.000 permayam.

Jika orang yang ingin berinvestasi bukankah itu sangat tergiur? Beli beberapa waktu lalu, jual sekarang berapa besar labanya.

Sayangnya, untuk orang yang mau menikah beberapa waktu ke depan harus tersedu atau kerja lebih giat lagi untuk mengumpulkan emas.

Penulis: Ubaidillah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: