Himadistra FISIP UTU Laksanakan Kegiatan Sosialisasi Pengenalan PPK

Himadistra
PPK Ormawa Himadistra FISIP UTU melakukan kegiatan Sosialisasi PPK Ormawa di Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Beutong foto/ist

Bimcmedia.com, Nagan Raya : Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU melakukan kegiatan Sosialisasi Pengenalan Program Peningkatan Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), Rabu, 27 Juli 2022.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh 50 partisipan yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat yang dilaksanakan oleh tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU di Balai Pertemuan Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, pada Rabu (27/07/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut bertema “Penguatan Kapasitas Perempuan Dalam Pencegahan Kekerasan Seksual Sebagai Pengaplikasian Delapan Fungsi Keluarga Melalui Pembentukan Sekolah Kader Perempuan Gampong Meunasah Krueng”. Sosialiasi dilakukan oleh Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU bertujuan untuk pengenalan Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU sekaligus menjelaskan rancangan program yang akan dilakukan di Gampong Meunasah Krueng terkait delapan fungsi keluarga guna mencegah kekerasan seksual melalui permberdayaan perempuan.

Sosialisasi dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Teuku Umar, Basri, SH. MH, dihadiri oleh Dosen Pembimbing Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU, Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Nagan Raya, Kepala Dinas Kesahatan Kabupaten Nagan Raya, Kepala Puskesmas Kecamatan Beutong, Camat Kecamatan Beutong, Keuchik dan aparatur Gampong Meunasah Krueng serta lembaga masyarakat dan tokoh masyarakat Gampong Meunasah Krueng, dan seluruh perempuan Gampong Meunasah Krueng.

Basri, SH.,MH dalam sambutannya melalui program yang diselenggarakan oleh kementrian ini lebih difokuskan kepada partisipasi masyarakat sehingga mahasiswa perlu dibina dan dibimbing agar dapat menghubungkan pihak kampus dengan masyarakat sehingga mahasiswa lebih peka terhadap permasalahan di masyarakat dan dapat membentuk mahasiswa menjadi manusia yang benar-benar manusia. Selain itu dalam kata sambutannya disebutkan bahwa program ini juga berlanjut pada program Magang Bina Desa yang dikonversi menjadi 20 SKS. Kemudian harapan beliau melalui program ini dapat menghasilkan perempuan-perempuan yang tangguh dan diharapkan program ini sukses dan memberikan hasil yang terbaik.

Keuchik Gampong Meunasah Krueng, Jailani dalam sambutannya menerima Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU dan akan memberikan dukungan terhadap Tim dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan. Kemudian beliau selaku keuchik di Gampong Meunasah Krueng beserta aparatur gampong siap mengajak masyarakat, mendukung serta membimbing Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU.

Safrida, S.Sos., M.A.P selaku dosen pembimbing dari Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU sekaligus Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Negara merasa sangat senang karena telah disambut dengan hangat oleh masyarakat Gampong Meunasah Krueng yang mana hal tersebut sebagai bentuk komitmen dan dukungan dari masyarakat Gampong Meunasah Krueng, ia menyatakan bahwa “Dari awal survey hingga penyusunan proposal saya berharap program ini akan lulus karena saya melihat sambutan yang baik sebagai bentuk dukungan dari masyarakat Gampong Meunasah Krueng”. Harapannya semoga program ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan semoga tujuan utama program tersebut untuk membentuk sekolah perempuan dapat tercapai.

Lilis Sartika selaku Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU berharap mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah gampong beserta jajarannya terutama sekali partisipasi daripada perempuan-perempuan Gampong Meunasah Krueng, karena gagal atau berjalannya program ini ditentukan oleh kerjasama kita semua. Perempuan-perempuan di Gampong Meunasah Krueng akan menjadi aktor utama dalam pembentukan sekolah perempuan yang kita namakan sebagai Sikula Geutanyoe sebagai bentuk pemberdayaan terhadap perempuan-perempuan agar mencegah terjadinya kekerasan seksual.

Sosialisasi tersebut selain acara pembukaan juga dilanjut dengan penyampaian materi yang disampaikan langsung oleh ketua Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU untuk lebih menjelaskan terkait dengan tujuan pelaksanaan program, kemudian materi juga disampaikan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong sebagai salah satu mitra dari Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Himadistra FISIP UTU.

***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!