Himadistra Fisip UTU Laksanakan Program Mengajar di SD Negeri Tuwi Saya Aceh Barat

Laporan ,
Himadistra
Prosesi Pengajaran Kepada Siswa oleh Mahasiswa Himadistra | Foto : Tomi

Bimcmedia.com, Meulaboh : Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (Himadistra) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Teuku Umar (UTU) melaksanakan pengabdian masyarakat melalui Program Himadistra Mengajar di Sekolah Dasar (SD) Negeri Tuwi Saya Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, pada (Rabu,15/02/2023).

Ketua Divisi Pendidikan Himpunan Ilmu Administrasi Negera, Cut Anisa Fitriati mengatakan, program tersebut bertujuan untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan yang dimiliki mahasiswa melalui kontribusi pada sektor pendidikan atau Sekolah Dasar.

"Untuk berbagi ilmu kepada siswa Sekolah Dasar yang berada di Wilayah pelosok Aceh Barat, untuk memenuhi salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian masyarakat serta untuk meningkatkan rasa empati dan kepekaan mahasiswa terhadap isu-isu di tengah masyarakat," Kata Cut Anisa Fitriati kepada Bimc Media.

Masih kata Cut Anisa Fitriati, pengabdian itu juga merupakan bentuk dukungan mahasiswa dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goal’s (SDGs) khususnya pada pilar ke-empat terkait pengembangan kualitas pendidikan di Aceh Barat.

Sambungnya, pada pelaksanaanya Himadistra Mengajar mengusung tema 'Sinergitas dan Integritas Ormawa Untuk Mencerdaskan Anak Bangsa Sebagai Changemaker Dalam Rangka Perwujudan SDG’s Pada Sektor Pendidikan'.

Lanjut Anisa, tema tersebut diangkat dengan penyesuaian terhadap tema yang telah dirilis oleh UNESCO atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa yaitu “To Invest In People, Prioritise Education” yang bermakna "Berinvestasi Pada Manusia, Memprioritaskan Pendidikan".

Sementara itu, Kepala SDN Tuwi Saya Rudi menyampaikan, pihaknya sangat mendukung program yang dilaksanakan mahasiswa Universitas Teuku Umar di sekolah tersebut. Menurutnya dengan berbagai wawasan kepada siswa diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat para murid Sekolah Dasar tersebut.

"Dunia saat ini sangat terfokus pada pendidikan, teman-teman mahasiswa telah berhadir kesini semoga dapat memberikan banyak ilmu yang bermanfaat bagi para siswa, Kami dengan tangan terbuka menerima teman-teman mahasiswa untuk berkunjung kembali apabila ada lagi kegiatan seperti ini ". Kata Kepsek SDN Tuwi Saya.

CW/01 Tomi Lahanda

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!