Hingga Kini RSUD Nagan Raya Tidak Memiliki Mesin Cuci Darah

Laporan ,
Ilustrasi Gambar Mesin HD , sumber Foto: Tirto.ID

Bimcmedia.com, Nagan Raya : Kondisi RSUD Sultan Iskandar Muda Kabupaten Nagan Raya Hingga saat ini belum memiliki mesin cuci darah atau Hemodialisa (HD). pasalnya, Pasien yang hendak melakukan Cuci Darah di RSUD setempat terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit daerah lain.

Razali Salah satu keluarga Pasien RSUD Sultan Iskandar muda mengeluhkan lantaran RSU tersebut belum memiliki mesin cuci darah.

"Seharusnya Rumah sakit Daerah bisa menyediakan Mesin Cuci Darah, mengingat Sebagai kebutuhan urgent" Kata Razali Saat di jumpai BIMC Media.com. di rumah sakit umum cut nyak Dhien Meulaboh Aceh Barat, Kamis (17/08/2023)

Dia berharap agar mesin cuci darah untuk segera di sediakan supaya pelayanan lebih optimal dan pasien tidak perlu pergi ke rumah sakit di luar daerah.

"Saya berharap kepada ibu direktur RSU Nagan Raya jangan lamban merespon keluhan masyarakat mengingat itu kebutuhan mendesak, bantu lah kami". Ujarnya penuh Harap.

Keluarga pasien tersebut menambahkan, Harus nya pemerintah segera mewujudkan mesin HD untuk membantu masyarakat di daerah Nagan Raya.

Sementara itu, Direktur RSUD Sultan Iskandar Muda (SIM) Nagan Raya, dr. Hj. Cut Yuliza Sutifa, saat di hubungi pewarta BIMC Media.Com, Selasa ( 15/08/2023) membenarkan saat ini RSUD setempat belum memiliki mesin cuci darah atau HD

 "Mesin HD untuk saat ini belum ada yang milik rumah sakit. Memang dulu sudah pernah di upayakan untuk ada nya HD di rumah sakit namun terkendala dengan Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) yang belum standar" Ungkap Direktur .

Lanjut Yuliza, ia sudah di mewacanakan kembali untuk pengadaan pelayanan HD dengan mekanisme Kerjasama mengingat IPAL sudah tersedia.

"Sehubungan dengan IPAL sudah tersedia dan di upayakan tahun 2024 sudah dapat terfungsikan HD di rumah sakit sambil kita persiapkan kembali pelatihan untuk pelayanan HD bagi petugas kita" ujar nya

Terakhir, Yuliza juga menyebutkan pihak nya kini sedang berupaya demi terwujudnya pelayanan HD tahun ini, tutupnya.

Fitriadi/Adam

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!