Hippemagas Tolak Usulan Pemindahan Pengungsi Rohingya ke Gayo Lues

Pengungsi Muslim Rohingya.Ist

Bimcmedia.com, Gayo Lues; Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Gayo Lues (Hippemagas), menolak keras sikap Pejabat (PJ) Bupati Gayo Lues terkait wacana pemindahan pengungsi Rohingnya ke daerah tersebut.

"Kami menyayangkan sikap PJ Bupati Gayo Lues yang membiarkan keputusan pemindahan pengungsi Rohingya ke Gayo Lues" Kata, Syahputra, Wakil Ketua, Hippemagas Banda Aceh, Selasa Malam,(12/12/23).

Syahputra Arogan, menilai kebijakan Penjabat Bupati Gayo Lues tidak memahami situasi serta kondisi masyarakat dataran tinggi tersebut. Pasalnya, saat ini masyarakat Gayo Lues juga masih sangat membutuhkan perhatian pemerintah.

"Berbicara tentang rasa kemanusiaan, manusia di Gayo Lues saja belum sejahtera,malah mau ditambah dengan kedatangan warga asing, dengan ada rencana pemindahan pengungsi Rohingya ke Gayo Lues akan memperparah keadaan sosial masyarakat di Gayo Lues," Tegas Syahputra

Hal senada juga disampikan, Sekjen Hippemagas, Muhamad Riko Fernando, ia sangat menyayangkan sikap UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) yang terkesan lambat dan tak serius dalam menangani kasus Rohingya.

"Hal ini telah menimbulkan aksi keras dari warga Aceh untuk menolak kehadiran mereka di tengah masyarakat Aceh, beberapa kali pengungsi tersebut pindahkan dari satu desa ke desa lainnya, namun tetap menimbulkan penolakan yang sama, " Ucap Riko.

Untuk itu, tambah Riko, pihaknya meminta UNHCR agar segera mencari solusi terkait kehadiran para pengungsi Rohingya di Aceh. Sebab menurutnya kedatangan para pengungsi tersebut telah mendapat penolakan dari berbagai kalangan masyarakat.

"Pihak UNHCR harus secepatnya mencari jalan keluar dan menyelesaikan permasalahan tersebut, sebab seluruh masyarakat Aceh menolak dan tidak menerima kehadiran Rohingya yang datang ke Aceh,"Tutup Riko

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!