IKA UTU :  Rektor kedepan Harus Go To The World Best University

IKA UTU
Ketua Ikatan Alumni (IKA) UTU  Arhammar ridha,S.Sos | Ist

Bimcmedia.com, Meulaboh : Dalam beberapa bulan kedepan, Universitas Teuku Umar  (UTU) akan menggelar Pemilihan Rektor menggantikan pimpinan sebelumnya  Profesor Jasman J Ma'aruf  yang telah memimpin dua periode di kampus tersebut, dalam proses pemilihan nanti Ikatan Alumni (IKA) UTU Berharap kepada Senat pemilik suara agar memilih Calon Rektor dengan semangat menuju Universitas terbaik dunia (Go to the world best  University)

Hal itu disampaikan Ketua Ikatan Alumni (IKA) UTU  Arhammar ridha,S.Sos kepada bimcmedia.com Selasa  (29/3/2022) usai mempelajari aturan dan Syarat yang dikeluarkan Kementerian untuk pemilihan Rektor sebagaimana beredar di media setelah digelar konferensi pers oleh Wakil rektor Dr.Mursyidin  beberapa waktu lalu.

" Kita menginginkan rektor terpilih punya semangat bersaing internasional dapat  memberikan konsentrasi penuh terhadap kampus tercinta ini. Dan yang punya modal akademik pastinya berbeda tingkat networking-nya. Sehingga membawa kampus Go To The World Best University.  tegas Arham yang merupakan IKA UTU.

BACA JUGA :

Dengan ada rektor yang berkonsentrasi penuh di UTU tentu para alumni semakin semangat dan Bangga dalam berkontribusi. nanti secara organisasi konsisten membantu dan mendukung pimpinan terpilih demi kemajuan utu, alumni sangat Apresiasi pada Prof. Jasman yang telah membawa UTU dengan Akreditasi BAIK SEKALI, sebagaimana diharapkan. Selanjutnya tentang penguatan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang sudah ada di Kampus

Dalam hal peningkatan SDM IKA juga ingin seperti Dosen Tetap mesti  didorong untuk lanjut Study S3 juga mengisi Jabatan Fungsional  Dosen dan lainnya agar diberdayakan. tutup alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) tersebut.

Sebagaimana diketahui dalam berita sebelumnya, Universitas Teuku Umar (UTU) akhirnya membuka pendaftaran Bakal Calon Rektor Periode 2022 – 2026 setelah mendapatkan rekomendasi dan persetujuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Dr. Mursyidin Zakaria selaku Ketua Panitia Pendaftaran Bakal Calon Rektor UTU dalam keterangan persnya mengatakan bahwa masa jabatan Rektor Prof. Dr. Jasman J. Ma'ruf, SE., MBA akan berakhir pada 28 Juni 2022 mendatang, pihaknya telah melakukan koordinasi dan mendapatkan persetujuan dari Kemendikbud Dikti.

Universitas Teuku Umar  memanggil putra-putri terbaik bangsa untuk mencalonkan diri sebagai Rektor UTU periode 2022-2026. Pemilihan Rektor UTU akan diselenggarakan melalui 4 tahap yaitu penjaringan, penyaringan, pemilihan dan penetapan serta pelantikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Republik Indonesia (RI).

Dr. Mursyidin, MA mengatakan, tahap penjaringan dimulai dengan pendaftaran bakal calon dan seleksi administratif berupa klarifikasi dan verifikasi administrasi oleh PPR UTU 2022-2026. Tahap penjaringan dilaksanakan untuk memperoleh sedikitnya 4 Bakal Calon (Balon) rektor.

Tahapan penjaringan ini meliputi pengumuman penjaringan Balon Rektor UTU dilakukan mulai 23 Maret 2022 hingga 5 April 2022. Lalu pendaftaran Balon Rektor UTU juga dilakukan mulai 23 Maret - 5 April 2022, kemudian verifikasi berkas administrasi Balon Rektor UTU pada 6 hingga 7 April 2022 dan penetapan serta pengumuman Balon Rektor UTU pada 8 dan 9 April 2022.

Lalu untuk tahap penyaringan diawali dengan sosialisasi bakal calon pada 11 s/d 14 April 2022, pemaparan visi, misi, dan program kerja oleh Balon rektor di hadapan Rapat Senat Terbuka yang dihadiri pejabat Kemendikbud-ristek, dilanjutkan pemilihan oleh senat dalam Rapat Senat Tertutup dalam hari yang sama yang digelar pada 18 April 2022. Selanjutnya pada tgl 20 April 2022, senat menyampaikan 3 nama calon rektor kepada Mendikbud-ristek.

Kemudian tahap pemilihan Rektor UTU dilakukan dalam Rapat Senat Tertutup yang dilaksanakan oleh Senat bersama Mendikbud-ristek (atau pejabat yang ditunjuk) pada 10 Mei 2022. Calon rektor dengan suara terbanyak ditetapkan sebagai calon rektor terpilih dan akan disampaikan kepada Mendikbud-ristek pada 11 Mei 2022.

“Lalu tahap terakhir yaitu penetapan dan pelantikan Rektor UTU Periode 2022-2026 oleh Mendikbud-ristek RI, untuk waktunya menyesuaikan dengan jadwal Menteri” kata Dr. Mursyidin saat menggelar Jumpa Pers di Ruang rapat Rektor, Herbal Park Kampus UTU, Selasa (22/3/2022).

Sementara itu, untuk persyaratan calon Rektor UTU periode 2022-2026 diantaranya yaitu berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah Lektor Kepala. Berusia paling tinggi 60 tahun pada tanggal 28 Juni 2022, memiliki pengalaman manajerial paling rendah sebagai Ketua Jurusan atau sebutan lain yang setara, atau Ketua Lembaga paling singkat 2 tahun di Perguruan Tinggi Negeri atau paling rendah sebagai pejabat eselon IIa di lingkungan instansi pemerintah. Lalu bersedia dicalonkan sebagai Balon Rektor dengan menandatangani fakta integritas.

Semua persyaratan dan tahapan ini sesuai dengan Permenristekdikti nomor 19 tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Permenristekdikti nomor 21 tahun 2018 tentang perubahan atas Permenristekdikti nomor 19 tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Keputusan Senat UTU no 1 tahun 2022 tentang tata cara Pemilihan Rektor Universitas Teuku Umar tahun 2022-2026.  ***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!