Ikuti 3 Syarat Ini dan Swab Test Covid-19 Sebelum Naik Pesawat Terbang

Bimcmedia.com, Nasional – Memang, pembatasan sosial masih berlaku di Indonesia terutama di kota besar. Namun masyarakat terlebih pejabat publik tidak lagi berdiam diri di rumah, sebagian dari mereka sudah melakukan perjalanan jauh untuk pekerjaan.

Berbeda dengan perjalanan sebelum Virus Corona Covid-19 melanda dunia, kita masih bebas bepergian tanpa disertai surat-menyurat, hanya perlu kartu identitas dan boarding pass saja. Saat ini, selain surat keterangan dokter, surat Rapid Test yang menyebutkan tubuh nonreaktif terhadap Covid-19, sampai hasil Swab Test yang memberikan keterangan negatif Covid-19.

Pemerintah dalam Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 memberikan banyak sekali syarat untuk perjalanan darat, udara maupun laut. Calon penumpang pesawat terbang, kereta api maupun kapal laut, harus menyerahkan dokumen yang menyatakan negatif Covid-19.

Rapid Test maupun Swab Test bisa dilakukan di mana saja. Bagi yang melakukan perjalanan udara, di bandara maupun maskapai penerbangan sudah menyediakan lokasi untuk melakukan tes yang hasilnya langsung keluar kala itu juga.

Perlu diperhatikan bahwa, lebih baik melakukan Rapid Test maupun Swab Test sebelum melakukan penerbangan. Jadi, calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket tidak merasa rugi jika hasil tes positif. Jika hasil tes positif di bandara – misalnya – maka akan dibatalkan penerbangan jauh tersebut.

Syarat untuk terbang saat ini tidak saja beli tiket, cek in dan mendapatkan boarding pass saja. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2020 mengenai operasional transportasi di Indonesia di masa new normal atau selama pandemi Covid-19.

Calon penumpang harus tunduk terhadap semua aturan yang berlaku di Indonesia. Pemerintah tidak segan-segan melakukan tindakan ataupun memberikan hukuman kepada masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Perhatikan Ini Sebelum Penerbangan (Pre-Flight)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: