Ilmu Bisnis yang Tidak Diajarkan di Kampus dari Mbah Lasiyo Yaitu 3M dan ‘Pelihara’ TUYUL

Bimcmedia.com, Nasional – Seorang tua tengah viral di media sosial. Namanya Mbah Lasiyo. Dia adalah petani pisang di Kabupaten Bantul yang membagikan tips wirausaha sukses dengan “Tuyul” kini mulai dibicarakan warga, baik di warung-warung kopi maupun di media sosial.

Beberapa akun media sosial seperti Twiter dan Instagram telah mengunggah dua potongan video yang saling berkesinambungan terkait yang disampaikan si Mbah. Dalam salah satu akun twiter, bertuliskan ‘Ilmu Bisnis yang Tidak Diajarkan di Kampus’ sangat menarik perhatian.

Petani asal Bantul yang diketahui bernama Mbah Lasiyo ini mengatakan untuk langkah awal membangun usaha maka dibutuhkan modal yang sangat banyak yakni 3M.

“Untuk usaha itu, kita modalnya adalah 3M. M satu adalah Melihat, M dua Memahami, M tiga Melaksanakan. Jadi andai kata 3M itu dilaksanakan dengan baik dan benar, Insyaallah akan berhasil,” ucap Mbah Lasiyo.

Pada sesi akhir dari video di Twit ini, Mbah Lasiyo menjelaskan bahwa usaha atau bisnis bisa berkembang dan lebih berhasil jika pebisnis memelihara TUYUL.

“Tapi akan lebih berhasil lagi, bila kita memelihara TUYUL,” ucapnya.

Rupanya, video asli unggahan tersebut sudah dipotong. Setelah mengucapkan kata Tuyul, sebenarnya masih ada sambungannya.

Dalam video tersebut, Mbah Lasiyo mengatakan bahwa Tuyul yang ia sebutkan bukanlah Tuyul setan, tetapi TUYUL yang merupakan sebuah akronim. Lantas si Mbah menjelaskan maksudnya

“TUYUL adalah kepanjangan dari Takwa, Usaha, Yakin, Ulet, Lincah. Apabila kita tidak lincah, walaupun kita punya produk, akhirnya kita mejen atau tidak bisa terjual,” jelasnya yang dikutip radarcirebon.com (18/10/10).

-AZ-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: