Ini Kata Direktur PT Bibu, Terkait Marahnya Megawati

Laporan ,
Direktur PT Bibu
Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo, direktur senior PT BIBU Panji Sakti | Ist

Bimcmedia.com, Jakarta : Pembangunan bandara di Buleleng, Bali menjadi sorotan Ketua PDIP Megawati Soekarnoputri. Di Buleleng, ada rencana membangun Bandara Internasional Bali Utara (BIBU).

Megawati mengaku "Marah" dengan rencana pembangunan bandara di Buleleng. Dia mengatakan, bandara itu gerah dan tidak memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi masyarakat.

“Saya bilang punya keluarga besar di Buleleng. Said. (KEK) Senin kemarin (16 Januari 2023) di Sanur, Bali.

Erwanto Sad Adiatmoko Hariwibowo, direktur senior PT BIBU Panji Sakti, menentang kritik yang dilancarkan Megawati saat partai diluncurkan dan ditangani di Bandara Bali Utara Buleleng.

Menurutnya, kritikan Megawati itu didasari kecintaan mantan presiden kelima itu pada Bali. Seperti diketahui, tubuh Megawati memiliki darah Bali. Neneknya adalah seorang gadis dari Buleleng.

Namun, Erwant, sapaan akrab Ivan, menilai Megawati tidak menyatakan penolakan, melainkan hanya mementingkan pembangunan bandara di Buleleng. Kekhawatiran itu, kata dia, karena Megawati belum mendapatkan gambaran utuh pembangunan Bandara Internasional Bali Utara yang sedang dikerjakan pihaknya.

"Dia takut kehilangan Bali. Sayang kalau terjadi apa-apa, dia hanya khawatir dan tidak mengingkari," kata Iwan dikutip dari detikcom, Rabu (18/1/2023) di BSD Number, kantornya di Tangerang Selatan.

Menurut Ivan, Bandara Bali Utara dibangun dengan mempertimbangkan tiga hal. Pertama, jangan menggusur pura dan tempat adat; kedua, jangan menggusur lahan komunal yang produktif; ketiga, jangan menggusur tempat tinggal komunal.

Untuk itu, kata Iwan, PT BIBU Panji Sakti akan mengembangkan bandara di lepas pantai utara Bali. Hal ini untuk menjaga agar ketiga hal tersebut tidak menghalangi.

"Saya kira (Megawati-san) juga concern dengan tiga poin itu. Aman. Jangan sampai kena," kata Ivan.

Ivan juga mengatakan ingin bertemu dengan Megawati untuk mengklarifikasi persepsinya tentang Bandara Bali Utara.

"Saya sangat ingin bertemu dengannya dan menjelaskan semuanya. Saya harap dia menerima kami. Kami memiliki mimpi yang sama. Konsep kami lebih suka mengikuti perintah ibu kami," kata Ivan. Dikatakan.

Di sisi lain, Ivan juga menduga kritik yang disampaikan Megawati bisa menepis wacana bandara di Bali Barat. Menurutnya, Bali bagian barat berbatasan dengan taman nasional, sehingga bukan tempat yang cocok untuk mengembangkan bandara.

“Selama ini saya juga melihat ada rencana membangun bandara di Bali Barat yang sangat dekat dengan Taman Nasional Bali Barat, taman nasional pasti akan menjadi masalah,” kata Ivan.

Seperti diberitakan sebelumnya, Wakil Gubernur (Wagub) Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, mengungkapkan wacana pemindahan lokasi Bandara Bali Utara. Saat itu, Buleleng lokasi Bandara Bali Utara di pesisir Kubdingdin baru saja dicoret dari daftar PSN.

Pemprov Bali sendiri sudah mengusulkan lokasi baru Bandara Bali Utara di Buleleng bagian barat. Salah satunya adalah  Buleleng, Bali.

"Buleleng adalah salah satu lokasi yang diusulkan dan saya berharap nanti lokasi yang direncanakan akan di buat di sana. Itu masih rencana," tutup Tojokorda.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!