Intensitas Hujan Tinggi, 4 Kecamatan Di Aceh Jaya Terendam Banjir

Bimcmedia.com
Bimcmedia.com | Intensitas Hujan Tinggi, 4 Kecamatan Di Aceh Jaya Terendam Banjir/Ist

Bimcmedia.com, Aceh Jaya: Intensitas hujan yang tinggi di sebagian wilayah di Aceh menyebabkan 4 Kecamatan dalam kabupaten Aceh Jaya terendam banjir

Dari data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya, banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Jaya menyebabkan Sembilan desa dalam empat Kabupaten di Aceh Jaya terendam banjir akibat luapan air sungai Kuala,

diantaranya Kecamatan Krueng Sabe(Desa Curek), Kecamatan Indra Jaya (Desa Babah Dua, Meudhang Ghon), Kecamatan Jaya (Desa Sapek, Medheun, Sabet, Pante Cermin, Babah Krueng) dan yang terakhir dikecamatan Sampoeniet (Desa Alue Gro).

“Hujan yang mengguyur Kabupaten Aceh Jaya dengan intensitas sedang hingga tinggi sekira pukul 03.00 sd 13.00 wib, menyebabkan tergenangnya air dan meluapnya sungai (kuala) di beberapa kecamatan. Jelas Kepala BPBK Aceh Jaya Fajri Selasa (2/08/2022).

Dijelaskan nya untuk sementara sesuai informasi yang di dapat dari masyarakat sekitar belum ada KK maupun JIWA yg terdampak banjir, namun pihaknya terus memantau situasi dan kondisi di lapangan. Namun untuk kondisi terkini, sebahagaian debit air ada yang sudah berangsur surut dan kondisi cucaca sebahagian masih terpantau hujan sedang diwilayah Aceh Jaya.

"Dampak hujan yang mengguyur wilayah Aceh Jaya menyebabkan terjadinya banjir luapan di beberapa titik lokasi, beberapa ruas jalan penghubung antar desa dan rumah warga juga tergenang,sejauh ini belum ada warga yang mengungsi. Untuk data terdampak banjir masih belum ada namun pemantauan terhadap desa-desa masih terus dilakukan." imbuhnya.

Fajri juga mengungkapkan, pihaknya akan terus Meninjau lokasi dan melakukan tindakan dengan mengerahkan TRC guna Kaji Cepat pada titik rawan banjir, Melakukan koordinasi dengan pihak terkait, Melakukan Assesment/kaji cepat di lokasi serta Pendataan, dokumentasi dan pelaporan diwilayah tersebut.

BPBK Aceh Jaya jelas Fajri, telah menyiagakan seluruh personel di setiap pos untuk terus memantau kondisi terkini wilayah Aceh Jaya. Dirinya juga mengimbau warga di lokasi banjir untuk tetap waspada terkait potensi banjir susulan.

"Kita imbau masyarakat untuk tetap tenang, siaga dan waspada dalam menyikapi perkembangan cuaca saat ini yang mana dapat berpotensi terjadinya banjir susulan," katanya.
***

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!