Jokowi Kesal, RI Impor Garam Mencapai 1.5 Triliyun Dalam Setahun

bimcmedia.com, Jakarta :
Dalam tempo satu tahun, Pemerintah Republik Indonesia menImpor Garam dengan jumlah biaya mencapai Rp 1,5 T.

Jokowi meninjau tambak garam

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memimpin rapat terbatas, dengan topik pembahasan percepatan penyerapan garam rakyat melalui video conference di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

“Di rapat tersebut Presiden Jokowi kesal dengan impor garam yang terus terjadi”

Usai rapat, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang kepada media mengatakan garam yang diimpor Indonesia adalah garam untuk kebutuhan industri dan belum banyak diproduksi di dalam Negeri.

“Dalam setahun, Indonesia mengimpor garam dengan nilai US$ 108 juta atau sekitar Rp 1,5 triliun.” ujar Agus

Nilai impor garam pada 2019, jumlahnya US$ 108 juta untuk kebutuhan industri. Namun demikian yang ingin kami sampaikan, nilai impor garam ini memiliki nilai tambah luar biasa bagi industri itu sendiri karena dengan mengimpor US$ 108 juta, industri sendiri pengguna garam ini telah berhasil catat nilai ekspor produk mereka US$ 37,7 miliar. jelasnya

Jadi bisa kita bayangkan betapa nilai tambah yang diberikan oleh hilirisasi dari penyerapan garam, tutur Agus usai rapat, Senin 5 Oktober 2020. Soal penyerapan garam dari petani dalam Negeri,

Agus mengatakan, sejak 2018 sudah dilakukan business matching antara industri pengguna garam dengan petani garam. dari aksi ini, ada penyerapan garam petani sebesar 1,053 juta ton sejak Agustus 2018 hingga Juli 2019.

“Belum juga ditambah dari Kementerian UKM sebesar 500 ribu ton. Sehingga pada periode tersebut penyerapan garam petani dari sektor industri manufaktur sebesar 1,5 juta ton (per tahun),” imbuh Agus.

Kebutuhan garam industri, ujar Agus, terus meningkat. Di 2020 ini akan ada peningkatan kebutuhan 6,8% dibandingkan 2019. Ke depan, kebutuhan ini akan terus meningkat sejalan dengan peningkatan kapasitas industri penggunanya.

Dalam rapat tersebut, Presiden Jokowi memutuskan, perizinan impor garam akan diserahkan kepada Kementerian Perindustrian. Agus berjanji akan melakukan verifikasi ketat dalam perizinan impor garam, sebagaimana dikutip dari AcehNews. id.

(Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: