Kapan Waktu Olahraga Terbaik selama Ramadhan?

bimcmedia.com - Olahraga selama bulan puasa sah-sah saja dilakukan. Namun wajib Anda ketahui bahwa waktu dan jenis olehraga itu perlu diperhatikan agar Anda terhindar dari hal-hal yang berkaitan dengan batalnya puasa.

Benar sekali, bahwa setelah Anda berolahraga maka rasa lapar dan haus akan segera muncul dan mau tidak mau harus segera diisi perut yang kosong. Jika tidak dilakukan kesehatan Anda akan terganggu, dan kemungkinan terbesar adalah dehidrasi yang berakibat stamina Anda begitu mudah menurun.

Olahraga mampu meningkatkan gaya hidup lebih baik namun selama bulan Ramadhan Anda harus pula memperhatikan pasokan di dalam tubuh. Berbeda dengan bulan-bulan lain, di mana Anda bebas untuk mengonsumsi makanan dan minuman saban waktu. Namun untuk bulan puasa Anda harus bekerja lebih maksimal agar stamina tetap terjaga.

Dikutip dari tempo.co (19/05/2017), olahraga yang baik dilakukan selama berpuasa adalah jenis olahraga yang ringan saja. Patut dihindari olahraga pada saat siang hari karena akan menyebabkan dehidrasi berlebihan dan kekurangan protein.

Olahraga yang baik dan sangat dianjurkan selama bulan Ramadhan adalah menjelang berbuka atau waktu sore hari. Jenis olahraga yang dapat dilakukan pun bukan olahraga berat melainkan olahraga seperti lari-lari kecil atau bersepeda santai.

Seperti dilansir dari hellosehat.com (27/05/2017), waktu olahraga terbaik adalah setelah berbuka puasa. Waktu ini dipercaya terbaik karena perut baru saja terisi makanan dan minuman sehingga energi sudah bertambah. Olahraga yang dilakukan setelah berbuka sebenarnya agak ribet karena tubuh membutuhkan penetrasi antara lelah berpuasa dan mencerna makanan setelah seharian kosong.

Dokter spesialis Gizi Klinik, Saptawati Bardosono kepada kompas.com (29/06/2014), menyebutkan bahwa olahraga terbaik selama bulan puasa – selama Anda berpuasa – adalah pada sore hari maupun menjelang berbuka puasa.

Waktu yang tepat antara 30 sampai 60 menit menjelang berbuka puasa di mana setelah itu Anda dapat langsung berbuka dengan yang manis atau air putih saja. Jenis olahraga yang direkomendasikan adalah berjalan santai, berenang maupun bersepeda.

Nah, Anda bisa mempraktikkan alternatif waktu dan jenis olahraga apa saja yang bisa dilakukan selama bulan Ramadhan ini. Tidak ada salahnya untuk mengukur kembali kemampuan tubuh dan memaksimalkan kondisi puasa Anda. Dengan demikian, kesehatan tetap terjamin dan puasa Anda tetap terjaga sampai waktu berbuka.


Penulis: Ubaidillah

Komentar

Loading...
error: Minta Ijin Dulu, Jika Ingin Copy