Kartu Prakerja Hingga BLT, Bansos Rp.154 T Akan Cair di 2022

Laporan ,
Bimcmedia com
Bansos 154 T akan cair di tahun 2022/finance

Bimcmedia.com, Jakarta; Pemerintah Indonesia diketahui masih melanjutkan program bantuan sosial (bansos) tahun 2022 ini. Setidaknya ada tiga jenis bansos yang masih akan diberikan oleh pemerintah dengan jenis dan jumlah yang beragam.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk membantu masyarakat yang kesulitan sepanjang berlangsungnya pandemi Covid-19 selama hampir dua tahun terakhir. Bansos juga disalurkan untuk mengungkit daya beli dan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Bansos sejauh ini meliputi Kartu Prakerja, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) & Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, hingga Program Kehilangan Pekerjaan (JKP). Adapun bansos yang akan diberikan pemerintah pada 2022 adalah :

Kartu prakerja

Program Kartu Prakerja dipastikan kembali bergulir tahun ini. Rencananya, gelombang Kartu Prakerja selanjutnya dibuka pada Februari 2022.

dalam program ini, setiap peserta yang lolos berhak mendapat dana Rp 3,55 juta. Dari jumlah tersebut, dana sebesar Rp 1 juta diberikan untuk peserta membeli paket pelatihan daring.

Usai melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan mendapatkan dana sebesar Rp 600 ribu per bulan. Dana tersebut akan disalurkan selama empat bulan dengan jumlah yang sama. Para peserta juga akan mendapatkan dana tambahan sebesar Rp 150 ribu setelah mengisi tiga kali survei.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH)

BPNT dan PKH dipastikan tetap mengalir pada 2022. Bantuan ini akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). BPNT yang diberikan nilainya mencapai Rp 200 ribu per bulan untuk tiap KPM.

Sementara untuk PKH, diberikan kepada KPM yang memiliki kriteria tertentu yaitu, keluarga yang memiliki ibu hamil/balita akan menerima bantuan Rp 3 juta per tahun.

Kemudian, PKH untuk keluarga yang memiliki anak SD menerima Rp 900 ribu per tahun, anak SMP Rp 1,5 juta dan anak SMA Rp 2 juta per bulan.

Jika di keluarga tersebut ada penyandang disabilitas/lansia, maka bansos PKH yang diterima adalah Rp 2,4 juta.

Apabila suatu keluarga memiliki 2 anak SD, maka bantuan sosial/bansos PKH yang diberikan berlipat ganda, yakni Rp 900 ribu ditambah Rp 900 ribu menjadi Rp 1,8 juta per tahun.

Program kehilangan pekerjaan (JKP)

Selain tiga bansos di atas, pemerintah mulai Februari 2022 akan meluncurkan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) yang merupakan mandat dari Peraturan Pemerintah (PP) 37/2021 tentang Penyelenggaraan Program JKP.

Bantuan Langsung Tunai (BLT)

BLT Dana Desa akan diberikan pada tahun ini dengan besaran Rp 300 ribu per keluarga. Kutip cnbc
---
[Amd]

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!