Ketua MPD Kota Subulussalam Imam Shalat Idul Adha

Imam Masjid Jontor, Zuhri Tumangger (tiga kiri), Khatib Armansyah Batubara, S.PdI (empat kiri), Khairul Boangmanalu, S.Sos (lima kiri), Ketua MPD dengan unsur Pengurus Masjid Al Iman, Jontor usai Shalat Id.Mansah Berutu/Bimcmedia

Bimcmedia.com,SUBULUSSALAM - Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kota Subulussalam, Khairul Boangmanalu, S.Sos menjadi Imam Shalat Sunat Idul Adha 1445 Hijriah di Masjid Al Iman, Kampong Jontor, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Senin (17/06/2024).

Demikian sumber BIMC, Zuhri Tumangger, Imam Masjid Al Iman Jontor dan sejumlah pengurus dikonfirmasi, Selasa (18/06/2024).

Dikatakan sebelum menjadi Ketua MPD, yang bersangkutan rutin menjadi imam Idul Adha dan Idul Fithri di kampong Jontor, tempat ia berdomisili, bahkan awal-awalnya beberapa tahun lalu malah rangkap sebagai imam dan khatib.

Ditambahkan, dalam rangkaian pelaksanaan shalat lima waktu di sana, meskipun bukan menjabat sebagai imam, yang bersangkutan selalu mengimami shalat fardhu di sana.

"Beliau juga pernah satu periode Kepala Kampong Jontor dan sangat aktif di masjid bahkan selalu menjadi kawan bermusyawarah bersama tokoh lain untuk pembinaan umat di kampung ini," aku Zuhri Tumangger.

Sementara Khatib Khutbah Idul Adha di sana menurut Zuhri, Armansyah Batubara, S.PdI, Da'i Perbatasan Provinsi Aceh dengan wilayah kerja Kampong Jontor sejak tiga bulan lalu.

Dalam khutbahnya, Armansyah mengatakan bahwa, banyaknya rezeki yang Allah berikan kepada setiap manusia ada dua hal yang Allah minta, yakni memuji dan mohon ampun, menyetir Al lquran Surat An Nashr.

Ditegaskan, Allah tidak meminta membayar atas semua rezeki itu karena jangankan membayarnya, menghitungnya sajapun tidak ada orang yang mampu.

Di sisi lain dikatakan, menyembelih hewan kurban adalah ibadah terbaik usai melaksanakan shalat sunat Idil Adha yang waktunya hingga hari ketiga, Hari Tasyrik.

Karenanya, kaum muslimin yang punya rezeki dianjurkan berkurban dan waktunya tak hanya 10 Zulhijjah tetapi termasuk selama hari tasyrik, yakni 11 s/d 13 Zulhijjah atau 18 s/d 20 Juni 2024. Hari tasyrik, masa untuk menyembelih hewan kurban dan diharamkan berpuasa pada masa itu.

Sementara anjuran menunaikan puasa Sunah Tarwiyah (hari: Sabtu dan atau Arafah, hari Minggu lalu) karena imbalannya dihapus dosa dua tahun. "Orang yang berpuasa Sunat Tarwiyah dan Arafah diampunkan Allah dosanya selama dua tahun, setahun yang akan datang dan setahun lalu," jelas Arman, menyetir pesan Rasulullah SAW.

"Maka patut disyukuri, hari ini kita dapat rezeki, bisa shalat sunat Idul Adha dan melaksanakan rangkaian amalan sunat di bulan ini," tegasnya, ingatkan jamaah untuk senantiasa memperbanyak shalawat agar kelak mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.

Usai shalat Id, seperti dilaporkan Pengurus Masjid Al Iman dilakukan penyembelihan dua ekor sapi dan lima ekor kambing di area masjid itu.

Komentar

Loading...
error: Content is protected !!